tips menghafal al quran untuk anak
Parenting

10 Kesalahan Dalam Mendidik Anak

tips menghafal al quran untuk anak
Gambar : islampos.com

Anak merupakan amanah yang dititipkan kepada kedua orang tua. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik mereka agar kelak menjadi generasi penerus yang membanggakan. Dan ini merupakan tanggung jawab yang besar untuk orang tua. Namun dibalik tanggung jawab yang besar ini, masih ada orang tua yang menganggap remeh soal mendidik anak. Tidak jarang ada orang tua yang melakukan kesalahan dalam mendidik anak-anak mereka. Berikut ini 10 kesalahan orang tua dalam mendidik anak yang perlu diketahui :

  1. Selalu Memenuhi Permintaan Anak

Memenuhi permintaan anak bukanlah hal yang salah. Namun yang menjadi masalah adalah selalu memenuhi permintaan yang dia buat. Sebagai orang tua, tentunya harus bijak dalam memenuhi permintaan anak. Jika apa yang dia minta selalu diberikan, suatu saat anak akan memiliki pribadi yang manja.

  1. Menakut-Nakuti Anak

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak adalah menakut-nakuti anak. Terkadang ketika anak sedang menangis, orang tua akan menakut-nakuti anaknya untuk membuat tangisannya reda. Namun cara itu salah, dengan menakut-nakuti ini akan membuat anak menjadi pribadi yang penakut.

  1. Terlalu Keras Terhadap Anak

Ketika anak melakukan kesalahan, janganlah orang tua memarahinya secara berlebihan bahkan hingga memukul anak. Hal ini akan berpengaruh terhadap psikologi anak. Sebagai orang tua, haruslah mengerti ketidaktahuan mereka. Maka dari itu mereka membuat kesalahan. Tegurlah mereka jika melakukan kesalahan, namun jangan secara berlebihan apalagi melakukan kekerasan.

  1. Terlalu Lembut Terhadap Anak

Selain mendidik jangan terlalu keras, janganlah pula mendidik anak terlalu lembut. Lembut yang dimaksud disini yaitu hingga selalu memaklumi kesalahan yang anak buat. Sebab apabila selalu dimaklumi dia tidak akan mengetahui hal yang salah maupun yang benar.

  1. Terlalu Pelit Terhadap Anak

Tidak selalu memenuhi keinginan anak merupakan hal yang benar. Namun jangan menjadikan hal itu alasan untuk orang tua tidak memberikan apapun keinginan anaknya. Jika orang tua melakukan hal ini, maka kelak anaknya akan menggunakan cara apapun untuk memenuhi keinginannya.

  1. Hanya Memenuhi Kebutuhan Jasmani Anak

Banyak dari orang tua yang berpikiran bahwa dengan memenuhi kebutuhan jasmani anak sudahlah cukup. Kebutuhan seorang anak tidak hanya  kebutuhan jasmani saja, namun anak juga kasih sayang dan perhatian kedua orang tuanya. Jika kasih sayang ini tidak didapatkan, maka dia akan mencari dari orang lain.

  1. Terlalu Membebaskan Anak

Kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan yang dapat dikatakan cukup fatal. Sebab jika kedua orang tua terlalu membebaskan anak terutama dalam hal pergaulan, maka ini akan menjadi boomerang untuk orang tua. Dari pergaulan yang bebas inilah akan timbul berbagai masalah di masa depan.

  1. Membuat Peraturan Yang Terlalu Ketat

Ketika ingin membuat peraturan untuk mendidik anak sangatlah bagus. Namun kesalahan yang sering dibuat adalah membuat peraturan yang terlalu ketat. Dengan peraturan yang terlalu ketat tidak akan membuat pribadi anak-anak menjadi berkembang.

  1. Tidak Mentaati Peraturan Yang Dibuat

Kesalahan mendidik lainnya yaitu kebanyakan orang tua tidak mentaati peraturan yang dia buat. Sebagai contoh yaitu tidak menggunakan gadget ketika sedang berkumpul. Tidak jarang dari orang tua yang melanggar peraturan tersebut. Hasilnya sang anak juga kelak akan melanggar peraturan tersebut.

  1. Berbicara Menggunakan Kata-Kata Kasar

Orang tua merupakan contoh untuk sang anak. Ketika orang tua sering menggunakan kata-kata yang kasar, maka dia telah mendidik anaknya untuk berkata kasar. Maka dari itu hindarilah penggunaan kata-kata kasar di dalam rumah. Agar sang anak tidak memiliki kosa kata kasar dalam berbicara.

Itulah 10 kesalahan orang tua dalam mendidik anak. Didiklah anak-anak dengan benar. Jangan biarkan masa depan mereka menjadi rusak akibat kesalahan dalam mendidik mereka.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *