Parenting

7 Manfaat Menyanyi Bagi Anak

Sudah tidak asing lagi fakta bahwa anak-anak suka sekali menyanyi. Jangankan anak-anak, Ayah Bunda saja pasti ada yang gemar menyanyi.

Menyanyikan lagu yang biasa diajarkan di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), ternyata tidak hanya menyenangkan untuk anak. Tapi juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Bahagia
Banyak lagu-lagu anak yang bernuansa ceria. Hal ini akan membawa emosi dan perasaan anak untuk turut gembira. Tidak jarang anak yang sedang menangis mendadak tersenyum dan tertawa setelah diajak menyanyi.

2. Lebih sehat
Menurut penelitian, menyanyi membawa dampak positif untuk organ dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru. Selain itu saat menyanyi biasanya disertai gerakan-gerakan atau tarian seiring dengan nada lagu. Saat menari, seluruh anggota badan anak akan bergerak. Anak yang gemar menyanyi, berpeluang lebih sehat dibanding anak yang jarang menyanyi.

3. Percaya diri
Saat menyanyi sendiri, biasanya anak sedang menunjukkan kemampuan di hadapan orangtua, keluarga atau lingkungannya. Secara tidak sengaja hal ini akan memupuk rasa percaya diri anak.

4. Memahami konsep sederhana
Dalam banyak lirik syair lagu anak, tersisip banyak pelajaran tentang bentuk, warna, angka, alam dan lainnya. Anak banyak belajar konsep sederhana dari lagu-lagu yang biasa mereka nyanyikan.

Smart Hafiz

5. Memperkaya kosa kata
Dalam lirik lagu, seringkali terdapat kosa kata baru bagi anak. Kata-kata yang tidak mereka mengerti biasanya akan mereka ingat dan menanyakannya kepada orang dewasa. Anak akan belajar kosa kata baru secara tidak sengaja dari lagu yang mereka nyanyikan.

6. Melatih kreativitas
Anak suka mengubah-ubah nada dan kata-kata semaunya sendiri saat sedang menyanyi? Jangan khawatir Ayah Bunda, justru anak sedang dilatih kreativitasnya saat dia melakukan hal itu

7. Bonding
Bonding atau ikatan batin atau keakraban antara anak dengan orangtua atau antara anak dengan anggota keluarga lain akan lebih erat saat melakukan aktivitas bersama. Diantaranya melalui aktivitas bernyanyi bersama. Tak harus jauh-jauh ke tempat karaoke, cukup duduk bersama di teras rumah, duduk bersama sambil memandangi pemandangan sekitar.

Demikian 7 manfaat menyanyi untuk anak, semoga bermanfaat.

You may also like...

1 Comment

  1. […] Ada puluhan lagu anak-anak umum maupun Islami dalam Smart Hafiz. Sebagian berbahasa Inggris dengan animasi karakter lucu dari Badanamu. Sementara lagu-lagu Islami berbahasa Indonesia. Seru sekali ya saat anak-anak menyanyi, menari dan karaoke menggunakan Smart Hafiz. Selain itu ada juga lagu-lagu nusantara, lagu-lagu wajib nasional dan lagu anak sepanjang masa seperti Balonku, Bangun Tidur dan lainnya. Apalagi ternyata ada banyak sekali manfaat menyanyi bagi anak. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *