agar anak bersemangat ke sekolah
Parenting Serba Serbi Sekolah

Agar Anak Bersemangat Ke Sekolah

agar anak bersemangat ke sekolahSebelum anda menyiapkan anak untuk memasuki dunia sekolah sebaiknya anda mempersiapkan mental anak, tidak hanya mempersiapkan finansial. Dengan mempersiapkan anak secara mental akan membuat anak menjadi mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, mudah berteman dengan orang baru dan mudah menjalani segala aktivitas di sekolah dengan baik. Orang tua harus memahamkan anak tentang dunia sekolah, anak perlu tumbuh dan mencari ilmu yang akan dipergunakan nantinya. Bukanlah tugas yang mudah bagi orang tua untuk menyemangatkan anak untuk ke sekolah. Tapi anda tidak perlu khawatir, berikut adalah cara agar anak bersemangat ke sekolah :

  1. Kenalkan Sekolah Sedari Kecil

Tidak ada salahnya jika orang tua mulai mengenalkan sekolah sejak dini. Dengan begitu anak mulai siap memasuki jenjang sekolah yang akan menjadi rumah kedua baginya. Hal yang perlu orang tua ingat, memilih sekolah tidak harus yang favorit dan termahal. Yang terpenting dari sekolah itu belajar.

Pilihlah sekolah yang menurut anak nyaman berada di sekolah itu. Orang tua tidak perlu menekan dan memaksa anak untuk sekolah yang anda inginkan, hal ini membuat anak tidak fokus belajar. Sebaiknya turuti dan beri saran baik baik untuk sekolah agar anak bersemangat ke sekolah.

  1. Berikan Gambaran Yang Menyenangkan Dalam Dunia Sekolah

Sebaiknya sebelum orang tua memasukkan anak ke dunia sekolah orang tua harus memberikan gambaran yang menyenangkan tentang sekolah. Berikan lah gambaran seperti akan mendapatkan teman baru dan bermain bersama teman baru. Cara tersebut cukup ampun agar anak bersemangat ke sekolah. Tanpa gambaran sekolah yang menarik anak akan merasa malas ke sekolah dan anak akan berpikir sekolah itu hanya duduk dan mendengarkan guru.

  1. Jelaskan Pada Anak Bahwa Sekolah Itu Penting

Berikan penjelasan yang logis dengan bahasa yang mudah di mengerti anak tentang apa pentingnya sekolah dan kenpa alasan untuk sekolah. Selain sebagai tempat untuk belajar, sekolah juga tempat untuk bersosialisasi dan beradaptasi. Jelaskan kepada anak bahwa mereka nantinya akan selalu berkomunikasi dan berhubungan dengan yang lain. Jelaskan kepada anak tentang pendidikan moral yang sangat diperlukan juga.

  1. Beri Tantangan Ke Anak Untuk Mencapai Target

Ketika anda melihat nilai anak di salah satu pelajaran yang menurun. Agar performa anak lebih terpacu dan tertantang baiknya anda tantang dia untuk menaikkan nilai tersebut. Misalnya anak anda nilainya jelek dalam mata pelajaran matematika, maka hal yang harus anda lakukan adalah menantangnya.

Dalam arti anda mengimingi hadiah yang sedang dibutuhkan anak serta sesuai kemampuan anda. Dengan begitu anak akan giat belajar dan agar anak bersemangat ke sekolah. Tetapi jika anak tidak tertarik pada matematika, janganlah terus anda memaksa untuk belajar matematika. Coba lah mengerti minat dan bakat anak anda masing-masing

5 Biasakan Otak Anak Untuk Berpikir

Jangan biarkan anak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna seperti menonton tv seharian, tidur seharian dirumah atau bermain gadget tanpa henti. Terutama saat liburan, biasanya orang tua membiarkan anak mengisi liburannya dengan hal yang tidak bermanfaat dan terkesan enak-enakkan. Akhirnya setelah libur panjang, pada saat akan masuk sekolah anak akan merasa malas ke sekolah dan ingin liburan lebih panjang lagi.

Saat liburan hendaknya orang tua memilih kegiatan yang edukatif untuk anak. Misalnya membersihkan rumah bersama, memasak, berkebun, olahraga bersama, tanya jawab dengan anak dan masih banyak hal positif lainnya. Dengan begitu, otak anak akan terus berpikir positif sehingga anak akan bersemangat pergi ke sekolah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *