Agar Anak Menyukai Membaca Buku
Home Library

Agar Anak Menyukai Membaca Buku

Agar Anak Menyukai Membaca BukuAyah Bunda, ada banyak sekali manfaat membaca untuk anak. Tak hanya menambah wawasan, namun ada banyak kelebihan lainnya yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya. Masalahnya tidak mudah membuat anak suka membaca. Kadang sudah dibelikan banyak buku tapi tak pernah disentuh anak.

Ayah Bunda yang perlu bingung, berikut ada beberapa panduan yang bisa Ayah Bunda praktekkan agar anak bisa akrab dan menyukai membaca buku.

Beri Contoh

Anak adalah peniru yang ulung. Apa yang Ayah Bunda lakukan akan mudah sekali menarik perhatian anak dan ditirunya. Agar anak suka membaca, Ayah dan Bunda juga harus rutin membaca dirumah. Dari sana anak akan penasaran, kenapa sih Ayah dan Bunda suka  membaca buku? Jangan heran merekapun akan membuka-buka buku dan majalah milik Ayah dan Bunda.

Bacakan Buku

Beri makna pada buku yang telah dibeli dengan cara membacakan buku tersebut. Untuk buku dengan narasi panjang, Ayah dan Bunda cukup menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri sambil menunjukkan ilustrasi yang ada dalam buku. Metode ini disebut dengan story telling. Buku cerita dengan narasi pendek pun bisa menggunakan metode ini supaya anak tidak merasa bosan.

Dari membacakan buku ini, anak akan tahu bahwa isi buku tersebut memang menarik sehingga anak ingin membuka dan dibacakan lagi dan lagi.

Ajak Ke Perpustakaan

Cara hemat mengenalkan berbagai buku menarik adalah dengan mengajak anak bermain di perpustakaan kota. Tunjukkan banyak buku bagus yang bisa ditemukan disana. Dari perpustakaan ini Ayah Bunda juga bisa menyaring buku mana saja yang sebaiknya dibeli untuk menjadi koleksi di rumah.

Biarkan Anak Memilih Buku Sendiri

Salah satu cara yang efektif supaya anak menyukai buku miliknya adalah dengan membiarkan anak memilih bukunya sendiri. Ajak anak ke toko buku dan tunjukkan area buku anak. Tawari anak untuk memilih beberapa buku pilihannya untuk dibeli dan dibawa pulang ke rumah.

Agar Anak Menyukai Membaca Buku

Jadikan Buku Sebagai Kado

Pada hari istimewa seperti hari ulang tahun, hari anak, kenaikan kelas dan momen istimewa lainnya, jadikan buku sebagai hadiah istimewa untuk anak. Dari sini anak akan tahu bahwa buku adalah sesuatu yang istimewa bagi Ayah Bunda dan keluarga.

Sediakan Pojok Baca

Jika tak cukup banyak koleksi buku dirumah untuk menjadi sebuah home library, minimal buatlah pojok baca. Tidak harus menyediakan rak buku khusus, tapi Ayah Bunda minimal sediakan tempat duduk berupa karpet dengan bantal, atau meja kursi dimana terdapat beberapa buku yang terkumpul disana. Beberapa set buku juga ada yang dijual dengan slipcasenya sehingga bisa ditaruh di meja atau karpet dengan kondisi rapi namun siap dibaca kapan saja seperti buku Widya Wiyata Pertama atau Buku Cakrawala Pengetahuan Dasar dari Tigaraksa.

Setelah tau teorinya, jangan lupa praktekkan yaa Ayah Bunda 😊

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *