anak cengeng bagaimana mengatasinya
Parenting

Anak Cengeng, Bagaimana Mengatasinya?

anak cengeng bagaimana mengatasinyaAnak cengeng memang bisa membuat anda menjadi kesal. Apalagi apabila merengek sepanjang hari tiada henti, tanpa anda ketahui apa penyebabnya. Cengeng sudah menjadi hal biasa bagi anak. Namun biasanya anak akan berubah jika sudah memasuki usia sekolah. Ini akan menjadi salah satu masalah yang sulit bagi orangtua untuk bisa membiarkan anak hidup dengan cara yang mandiri. Masih banyak orangtua yang belum tahu bagaimana cara mengatasi anak yang mudah menangis atau cengeng. Bagaimana cara mengatasi anak cengeng? Berikut informasinya :

  1. Jangan Terbawa Emosi

Biasanya orangtua akan marah dan juga kesal saat melihat anaknya yang terus menangis. Ini adalah suatu hal yang harus dihindari, karena orangtua yang seperti itu justru akan di salah artikan oleh anak. Anak bisa mengira bahwa hal ini adalah sebuah ancaman dan juga dianggap anak bahwa orangtuanya tidak menyayangi anak.

Hal yang harus anda lakukan yaitu menenangkan diri anak. Kemudian sejajarkan posisi mata anda dengan anak. Saat anak anda menangis, tanyakan dengan lembut, apa yang membuatnya menangis. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk membuat anak tidak menangis lagi. Anda harus melakukan dengan perlahan sampai anak berhenti menangis dan mau menjawab pertanyaan anda.

  1. Bantu Perkembangan Kercedasan Emosi Anak

Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk bisa dengan baik mengenal sikap anaknya. Anda diharapkan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional anak dengan baik. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan  untuk mengenali dan juga mengolah perasaannya sendiri dan juga perasaan orang lain.

Anak yang kecerdasan emosionalnya baik, biasanya bisa mengetahui hal apa saja yang tidak disukai dan disukainya. Jadi, apabila ada sesuatu yang tidak disenangi, anak tersebut bisa mengkomunikasikan dengan orangtua atau hanya lewat tangisan saja.

  1. Tidak Perlu Bereaksi Berlebihan

Saat anak menangis hingga meraung-raung, orangtua biasanya menjadi langsung panik dan juga bereaksi secara berlebihan. Dengan adanya reaksi berlebihan orangtua, justru akan membuat anak berfikir bahwa menangis sebagai senjata untuk dapat menarik perhatian orangtua dan bis berfikir bahwa dengan menangis, dia akan mendapatkan apa yang dia mau.

Yang harus dilakukan orangtua yaitu anda bersikap netral saja, jangan sampai anda merespon secara berlebihan. Dengan begitu, anak bisa belajar bahwa cara untuk mendapatkan apa yang dia mau yaitu dengan cara baik-baik, bukan lewat cara menangis.

  1. Coba Tingkatkan Sosialisasi Anak

Anak cengeng bukan selalu karena anak itu manja. Saat anak cengeng, sebabnya bisa jadi karena dia kurang percaya diri saat bergaul dengan teman-temannya. Maka untuk mengatasi hal ini,  anda bisa menemani saat anak main bersama teman-temannya.

Anda juga tidak perlu sepanjang hari melakukan ini, hanya di saat-saat awal dia bermain saja. Anda bisa mengenalkan anak dengan teman bergaulnya, pada saat anak mulai mencari anda karena adanya rasa tidak percaya diri yang muncul tiba-tiba ketika bermain.

  1. Ajari Meluapkan Emosinya Dengan Cara Sehat

Belum tentu karakter anak menjadi salah satu penyebab anak menjadi cengeng. Hanya pada bagaimana anda mengajarkan kepada anak untuk lebih bisa terbuka dengan dunia luar. Anda bisa mengajarkan kepada anak untuk meluapkan emosinya melalui aktivitas kesenian menyanyi, menggambar, atau dengan cara melakukan olahraga yang anak sukai.

Jangan sampai anda mempunyai pemikiran bahwa semua anak itu sama, setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. Maka anda harus terus mencari tahu kegiatan apa saja yang disenangi oleh anak anda untuk meluapkan emosinya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *