anak ketahuan berbohong harus bagaimana
Parenting

Anak Ketahuan Berbohong, Harus Bagaimana?

anak ketahuan berbohong harus bagaimanaBerbohong adalah salah satu sifat tercela dan sangat dibenci oleh Allah. Maka dari itu kita di anjurkan agar menjauhi sifat tercela tersebut. Akan tetapi jika sifat tercela berbohong itu dimiliki oleh sang buah hati, bagaimana cara kita dalam menghadapi? Apakah kita harus menegor, memukul atau memberi hukuman yang sepantasnya untuk sang buah hati. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam mengambil tindakan bunda. Lantas bagaimana jika kita sebagai orang tua menangkap basah atau mendapati anak kita berbohong? Di bawah ini beberapa sikap yang bisa dilakukan ketika kita sebagai orang tua mendapati anak berbohong. Hal ini tentu sangat penting  sebagai jendela atau motivasi orang tua untuk tidak terlalu tergesa-gesa dalam mengambil tindakan jika didapati si buah hati berbohong, baik kepada si bunda atau orang lain.

  1. Bersikap Bijak

Sebagai orang tua, kita harus bersikap bijak dalam mendidik sang buah hati, apalagi dalam mengakui suatu kesalahan yang dilakukan oleh sang buah hati. Jangan terlalu memojokkan sang buah hati dalam mengakui suatu kesalahan yang ia lakukan bunda, karena ini akan membuat sang buah hati tertekan dan tidak akan mengakui kesalahan yang telah ia perbuat. Lakukanlah pendekatan terlebih dahulu, mungkin dengan begitu sang buah hati perlahan-lahan akan mengakui kesalahan yang telah ia perbuat.

  1. Jangan Emosional

Dalam menghadapi si buah hati jika ketahuan berbohong, sebaiknya jangan langsung emosional atau bahkan langsung memarahinya. Karena itu sangat merugikan oleh sang buah hati. Tanpa kita sadari bahwa sang anak akan berfikir jika kita tak peduli bahkan tak sayang lagi padanya. Ini akan membuat sang buah hati akan menjadi pemberontak atau balas dendam. Oleh karena itu, lebih baik kita arahkan terlebih dahulu, jangan langsung emosi.

  1. Cari Tahu Penyebabnya

Ini adalah salah satu cara yang efektif dalam menghadapi si buah hati yang ketahuan dalam berbohong. Yaitu dengan cara si orangtua mencari terlebih dahulu apa penyebabnya si buah hati bisa berbohong, entah itu kepada orangtua atau orang lain. Dengan begitu kita mengetahui penyebab dan menemui cara yang baik dalam menegur si buah hati.

  1. Jelaskan Konsep Dan Efek Dari Berbohong

Ini juga salah satu cara yang efektif dalam mengingatkan anak betapa bahayanya dalam berbohong. Jadi, kita jangan asal memberi hukuman tanpa ada kejelasan dalam suatu sebab ya bunda. Si buah hati juga akan mengerti jika kita jelaskan kepada mereka tentang bahaya dari berbohong. Dengan begitu si buah hati bisa berfikir dengan sendirinya jika sifat seperti ini akan membahayakan bagi dirinya.

  1. Hukuman Yang Mendidik

Hukuman itu juga perlu lho bunda. Akan tetapi hindari hukuman yang berbau tentang fisik yah. Jika memberi hukuman kepada sang buah hati, lebih baik hukuman yang berbau mendidik. Misalnya, dipotongnya uang saku dan tidak boleh keluar rumah untuk sementara waktu. Dengan begitu si buah hati akan berfikir untuk kedua kalinya. Jika perbuatan yang telah ia perbuat kemarin itu salah.

  1. Hargai Anak

Di saat si buah hati sudah bisa menunjukkan perilaku yang lebih baik yaitu dengan tidak berbohong lagi kepada orangtua atau orang lain, maka sebaiknya kita memberikan suatu penghargaan tersendiri untuk sang buah hati. Misalnya dengan memberikan dua jempol, mengelus-elus kepalanya, memberikan motivasi. Dengan begitu si buah hati akan merasa diperhatikan dan tidak tertekan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *