Aneka Aktivitas Anak dan Orangtua Untuk Lepas Kecanduan Gadget
Parenting

Aneka Aktivitas Anak dan Orangtua Untuk Lepas Kecanduan Gadget

Banyak orangtua yang masih kebingungan ketika diminta melakukan aktivitas bersama anak dirumah. Terutama para Ayah yang sehari-harinya terbiasa bekerja diluar rumah dan menyerahkan urusan rumah pada istrinya. Ketika anak sudah terlanjur kecanduan bermain game di smartphone, kebutuhan ini sudah tak bisa ditawar. Ayah Bunda harus aktif mendampingi anak agar mereka lupa dengan smarthope atau gadgetnya.

Nah, dibawah ini ada beberapa ide aktivitas yang bisa Ayah Bunda lakukan dirumah bersama anak. Simak yuuk..

Membaca Buku

Membaca buku sudah menjadi budaya pada keluarga di negara-negara maju. Di Indonesia hanya sebagian orang yang mulai sadar dengan kebutuhan kegemaran membaca buku. Ayah Bunda sebaiknya juga mulai membiasakan membacakan buku untuk anak dan menyediakan buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Hal ini akan bermanfaat sekali bagi anak di masa depan dan cukup ampuh untuk menjaga jarak dengan gadget. Simak manfaat buku untuk anak pada tulisan lain di web ini.

Membuat Kerajinan Tangan

Banyak manfaat dari membuat kerajinan tangan, diantaranya melatih motorik anak, selain itu juga mengasah jiwa seni anak. Ada banyak ide craft yang bisa didapatkan dari buku maupun dari video Youtube dan Facebook.

Mengerjakan Worksheet

Worksheet untuk anak biasanya ada dalam jilid LKS yang didapat dari sekolah, namun biasanya jumlahnya hanya sedikit dan beberapa anak bisa menyelesaikannya hanya dalam satu dua hari. Pe er bagi Ayah Bunda nih untuk membuat sendiri ataupun mencari dan mencetak worksheet dari berbagai sumber. Biasanya di web banyak bertebaran worksheet ini baik berupa gambar JPD maupun file PDF.

Memainkan boardgame

Boardgame merupakan salah satu permainan paling seru untuk anak, sebelum kehadiran gadget. Boardgame yang bisa dimainkan antara lain, ular tangga, monopoli dan lainnya yang dapat dimainkan secara bersama-sama.

Eksplorasi Lingkungan

Ajak dikecil menengok sungai dan sawah dekat rumah, untuk di wilayah yang jauh dari tempat alami tersebut, ajak anak jalan-jalan di komplek lingkungannya sambil mengenali dan melihat secara langsung benda-benda dan hal-hal yang tadinyahanya mereka lihat di televisi atau majalah.

Anak dapat mengumpulkan benda-benda yang ditemukan sekedar untuk dikoleksi atau dipelajari lebih jauh.

Aneka Aktivitas Anak dan Orangtua Untuk Lepas Kecanduan Gadget

Melakukan wisata edukasi

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan wisata edukasi di tiap kota. Ajak anak menjelajahi tempat-tempat tersebut pada hari libur. Selain menghibur, wisata edukasi ini memberi ilmu dan wawasan yang berkesan kepada anak.

InsyaAllah sudah ada gambaran yaa Ayah Bunda apa saja yang akan dilakukan bersama anak nanti malam? Simpan dulu smartphone Ayah Bunda dan ajak anak melakukan aktivitas bersama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *