Aneka Aktivitas Supaya Anak Cepat Bisa Menulis dan Membaca
Preschool

Aneka Aktivitas Supaya Anak Cepat Bisa Menulis dan Membaca

Aneka Aktivitas Supaya Anak Cepat Bisa Menulis dan MembacaAyah Bunda, sudah membaca tulisan mengenai keterampilan prabaca? Ada beberapa hal yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk mendukung anak supaya bisa cepat membaca. Selain beberapa aktivitas tersebut, ada beberapa aktivitas sepele yang ternyata bermanfaat untuk proses belajar membaca dan menulis bagi anak.

Kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya adalah kegiatan yang melibatkan motorik halus si kecil. Tak hanya bermanfaat untuk otot, ternyata aktivitas ini bermanfaat untuk persiapan belajar membaca dan menulis. Apa saja itu?

Meraut pensil

Jangan segan menyuruh anak meraut pensil sendiri. Apalagi bentuk rautan sangat aman dipakai anak-anak. Gerakan jari-jarinya saat meraut membantu melatih otot-otot jarinya.

Memakai pakaian

Serupa dengan meraut pensil, kegiatan saat memakai dan melepas pakaian seperti memasang retleting, memasang dan melepas kancing baju, menalikan tali sepatu sesungguhnya memiliki banyak manfaat untuk anak.

Bermain Penjepit

Terlihat sepele, namun memainkan penjepit baju maupun penjepit kertas sangat efektif menguatkan otot-otot pada jari anak. Pastikan Ayah Bunda mengawasi apakah anak bisa memegangnya dengan benar supaya tidak berbahaya membuat tangan anak terjepit.

Mainan bongkar pasang

Permainan bongkar pasang seperi brick aneka bentuk selain melatih otak anak, juga melatih kekuatan tangan, serta koordinasi tangan dan mata.

Mengenal bentuk

Bentuk-bentuk geometri dasar sangat membantu anak dalam mengenali huruf dan angka yang akan mereka pelajari kelak.

Membuat garis dan titik

Sebelum terbiasa menulis, latih anak dengan membuat garis, menghubungkan titik-titik menjadi sebuah bentuk. Ayah Bunda bisa membuat sendiri worksheetnya dengan kertas bekas yang sudah tak terpakai.

Menyusun abjad menggunakan benda-benda sekitar

Bisa menggunakan benda sederhana seperti kerikil, ranting, stick es krim untuk disusun dan menghasilkan sebuah huruf besar.

Membaca bersama minimal 20 menit sehari

Bacakan anak buku yang sesuai dengan usia anak. Tak harus lama, 20 menit saja sudah cukup kok asal dilakukan secara rutin.

Hmm, ternyata tidak sulit ya Ayah Bunda. Semuanya mudah dilakukan dan tersedia bahannya dirumah. Praktek yuuk dirumah…

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *