apa sih homeschooling itu
Homeschooling

Apa Sih Homeschooling Itu?

apa sih homeschooling ituDi zaman sekarang ini, banyak sekali bermunculan lembaga pendidikan, mulai dari pendidikan formal sampai dengan pendidikan non formal. Berdirinya lembaga tersebut tentu saja bertujuan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Namun, tidak semua lembaga pendidikan yang ada bisa dikatakan layak untuk pendidikan anak-anak sekarang ini. Sehingga model pendidikan alternatif pun tercipta yang disebut dengan homeschooling. Sebenarnya, istilah homeschooling sendiri bukanlah hal yang baru. Bahkan homeschooling sudah menjadi perbincangan hangat di masyarakat, sebab dinilai lebih baik daripada pendidikan formal.

5 Hal Penting Tentang Homeschooling

Bagi orang tua yang belum mengetahui apa itu homeschooling, tentu ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Agar nantinya tidak salah mengartikan makna sesungguhnya dari homeschooling.

  1. Pengganti Sekolah

Homeschooling merupakan model pendidikan alternatif yang termasuk dalam kategori jalur pendidikan informal. Dan sebagai alternatif, keberadaan homeschooling pun bertujuan untuk menggantikan pendidikan formal seperti sekolah yang dinilai kurang baik dari berbagai sisi. Mulai dari kurikulum sekolah yang dianggap terlalu berat dan terkesan memaksa, membuat anak sering merasa tertekan. Beberapa aturan sekolah yang ketat. Belum lagi adanya persaingan antar anak, yang dapat menyebabkan anak merasa stres sehingga lebih memandang belajar sebagai kewajiban yang membebaninya. Bahkan tak jarang juga membuat anak menghalalkan berbagai cara agar menjadi yang terbaik dengan mencontek. Selain itu, pergaulan anak dengan teman sebayanya di sekolah juga terkadang membawa pengaruh negatif. Seperti berbicara menggunakan kata-kata yang tidak pantas dan kurang sopan. Hal inilah alasan yang membuat orang tua pada akhirnya memilih homeschooling.

  1. Bukan Lembaga Pendidikan

Perlu diingat, homeschooling bukanlah lembaga pendidikan dan bukan juga sebuah bimbingan belajar. Homeschooling adalah sebuah model pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan rumah dengan menitikberatkan pada peran orang tua. Meskipun demikian, bukan berarti tidak boleh melibatkan lembaga eksternal. Dalam pelaksanaannya, homeschooling bisa juga mendatangkan guru pendamping atau tutor ke rumah.

  1. Kegiatan Belajar Yang Tidak Selalu Dilaksanakan Di Rumah

Homeschooling dikenal juga dengan sebutan home education atau pendidikan rumah, tetapi bukan berarti kegiatannya hanya bisa dan harus selalu dilakukan di rumah. Anak bisa belajar di mana saja, baik di alam bebas, perpustakaan, museum, tempat wisata, lingkungan sekitarnya maupun sambil berbelanja di pasar. Atau bisa juga membawa anak ke tempat-tempat yang disenanginya seperti kolam renang maupun taman bermain.

  1. Orang Tua Bertanggung Jawab Sepenuhnya

Seperti yang telah diketahui, homeschooling termasuk dalam kategori jalur pendidikan informal, sehingga proses pendidikan tentu diambil alih sepenuhnya oleh orang tua. Mulai dari metode yang akan digunakan, diajarkan secara langsung atau mendatangkan guru privat pada beberapa mata pelajaran yang tidak dikuasai. Kurikulum mana yang akan diambil, apakah dari dinas pendidikan atau membeli produk kurikulum buatan luar negeri. Buku-buku apa saja yang akan menjadi referensi, menggunakan buku yang ada atau mencari materi tambahan dari internet. Sampai pada aturan jam belajar anak di rumah agar tidak membuatnya jenuh merupakan tanggung jawab orang tua.

  1. Model Pendidikan Yang Fleksibel

Fleksibel di sini mengandung banyak arti. Pertama, anak bisa belajar kapan saja sebab jadwal belajar dapat diatur sendiri. Kedua, anak bebas memilih materi pelajaran yang disukai dan diinginkan. Ketiga, orang tua dapat menggunakan cara apapun dalam membimbing sang anak, tergantung keterampilan, kreativitas dan kemampuan orang tua. Keempat, tidak perlu ada aturan yang ketat seperti peraturan-peraturan di sekolah. Dan yang tak kalah penting adalah biaya pendidikan homeschooling juga bisa ditentukan sesuai keinginan. Bisa mahal dan bisa murah. Intinya, homeschooling adalah model pendidikan yang benar-benar fleksibel.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *