bagaimana cara anak homeschooling mendapatkan ijazah
Homeschooling

Bagaimana Cara Anak Homeschooling Mendapatkan Ijazah?

bagaimana cara anak homeschooling mendapatkan ijazahIjazah merupakan lembaran resmi yang dikeluarkan oleh pihak pendidikan sebagai tanda bukti kelulusan. Tidak hanya sebagai formalitas tanda kelulusan saja namun ijazah juga digunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pernahkah terlintas di pikiran anda tentang sekolah homescooling? Lalu bagaimana cara mendapatkan ijazahnya? Homeschooling merupakan sistem sekolah yang kegiatan seluruh pembelajarannya dilakukan di rumah. Berbeda dengan sekolah umum dalam segi mendapatkan ijazahnya, berikut ini adalah cara mendapatkan ijazah homeschooling :

  1. Melalui Ujian Kesetaraan

Merupakan salah satu program uji sekolah non formal yang terdiri dari paket A, B, dan C. Dimana Paket A untuk ijazah anak SD , Paket B untuk Kelas SMP, dan Paket C untuk tingkat SMA. Untuk anda yang mengikuti homeschooling dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, bisa mengambil paket C. Dalam ujian ini juga terdapat materi pelajaran yang harus dikuasai ketika ingin melakukan ujian. Adapun materi Kelas SMA IPA dan IPS berbeda, mata pelajaran yang sama hanya matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan PKN. Dalam ujian kesetaraan terdapat aturan, yaitu tidak boleh meninggalkan mata pelajaran dan harus berusaha untuk mempelajarinya.

  1. Melalui PKBM

PKBM merupakan kepanjangan dari pusat kegiatan belajar masyarakat. Pada awalnya tempat pendidikan ini hanya digunakan oleh orang-orang yang mengalami putus sekolah. Biasanya lembaga ini berada di kota atau kabupaten suatu daerah. Terdapat banyak ujian yang bisa anda ikuti di sini, sehingga akan memudahkan anda untuk memperoleh ijazah. Banyak siswa homeschooling yang mendapatkan ijazah melalui lembaga pendidikan ini dengan cara mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh PKBM. Untuk mengikuti lembaga ini juga terdapat persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, mendaftar minimal 1 tahun sebelum ujian, menyelesaikan program pembelajaran, mengumpulkan hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran bisa meliputi rapot, hasil karya anak, hasil pelatihan ujian yang dilakukan secara mandiri.

  1. Dengan Mengikuti Ujian Nasional

Ujian nasional tidak hanya diberlakukan bagi anak-anak yang sekolah di pendidikan formal saja. Anak homeschooling juga boleh mengikuti ujian nasional dengan system dan tingkat mata pelajaran yang sama. Sudah diketahui, bahwa di Indonesia banyak sekolah formal yang menggelar kerja sama dengan sekolah homeschooling. Pemerintah pendidikan pun memberi kesempatan agar mereka yang sekolah di rumah mendapatkan perlakuan yang sama saat ujian. Biasanya ujian sekolah dilakukan dengan menyewa suatu gedung sekolah untuk melaksanakannya. Dengan begitu siswa homeschooling akan mendapatkan ijazah yang sama dengan sekolah resmi.

  1. Melalui Sekolah Payung

Sekolah payung atau lebih dikenal dengan istilah keren yaitu Umbrella school. System belajar ini hampir sama dengan sekolah secara resmi. Anak homeschooling yang mengikuti sekolah payung dianjurkan untuk memahami pembelajaran sekolah resmi. Umbrella school merupakan sekolah formal yang bekerja sama dengan lembaga homeschooling. Melalui kelas ini, anda harus mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran yang ditetapkan oleh sekolah payung tersebut. Anak homescooling dituntut untuk bisa mengikuti tes semesteran dan menyesuaikan standar pendidikan yang di tetapkan . cara ini masih jarang di lakukan oleh mereka yang melakukan homeschooling karena sistem kerjanya yang sama dengan sekolah formal.

  1. Melalui Cambridge

Dengan mengikuti ujian Cambridge, anda bisa mendaftar perguruan tinggi luar negeri melalui ijazah yang dikeluarkannya. Lembaga pendidikan non diknas ini menyelenggarakan ujian tidak sama dengan UN dan UNBK namun berbentuk assessment. Mata pelajaran seperti matematika dan Bahasa inggris menjadi hal wajib yang harus dipelajari. Dengan begitu, kesempatan anak homeschooling untuk meneruskan kuliah di luar negeri akan tercapai.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ijazah dari program homeschooling. Ijazah yang dikeluarkan merupakan legalitas yang resmi sama halnya dengan sekolah formal.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *