bagaimana cara tepat mengatasi pelaku bullying
Serba Serbi Sekolah

Bagaimana Cara Tepat Mengatasi Pelaku Bullying di Sekolah?

bagaimana cara tepat mengatasi pelaku bullyingBeragam aksi bullying sekolah yang dilakukan oleh pelaku tidak bertanggung jawab kerap kali merugikan lingkungan sekitarnya. Tentu, hal ini sangat mengkhawatirkan dan harus segera ditindaklanjuti agar tidak semakin besar aksi pembullyan tersebut. Pelaku bullying ini biasanya cenderung memiliki kepercayaan diri yang rendah. Sehingga, dengan sengaja ia akan menciptakan konflik untuk menutupi rasa ketidakpuasan diri di hadapan teman-temannya. Selain itu, pelaku bullying juga sebenarnya memiliki masalah psikologis di dalam dirinya karena kurangnya perhatian dan kasih sayang. Mereka cenderung tidak memiliki rasa kepedulian dan tenggang rasa kepada orang lain. Sehingga, Anda harus mampu memahami dan mengatasi kondisi yang dirasakan oleh pelaku bullying dengan baik. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat mengatasi pelaku bullying di sekolah? Berikut ini ulasannya :

  1. Jalin Kerjasama Dengan Sekolah

Menjalin kerjasama dengan pihak sekolah cukup penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengawasi perlakuan anak di sekolah. Jangan sampai anak terlibat kasus sebagai pelaku bullying yang memberikan dampak buruk bagi teman-teman sekolahnya. Selain itu, luangkanlah waktu Anda untuk berkonsultasi dengan wali kelas saat sang anak terlibat kasus pembullyan di sekolah. Peran pihak sekolah juga harus dilakukan, yaitu dengan diadakannya sosialisasi materi dan pembelajaran tentang bullying di sekolah. Sehingga, nantinya anak-anak akan memahami bahwa tindakan tersebut sangat tidak pantas dan berdampak buruk bagi masa depan mereka.

  1. Membangun Komunitas Yang Efektif Dengan Anak

Anda sebagai orang tua harus mampu membangun komunikasi yang efektif dengan sang anak. Hal tersebut tentunya akan menumbuhkan rasa perhatian, kepedulian, dan kasih sayang bagi anak. Tentu saja, para pelaku bullying di sekolah itu biasanya kumpulan anak-anak yang kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Nah, jika Anda ingin mendidik anak agar terhindar dari pelaku bullying di sekolah, maka tingkatkanlah komunikasi dan pendekatan yang efektif pada anak. Sehingga, anak akan merasa dipedulikan dan diperhatikan dalam keluarganya.

  1. Mengajarkan Sikap Kepedulian Dan Empati Terhadap Sesama

Pelaku bullying itu cenderung tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka tidak mau tahu kondisi dan perasaan para korban bullying tersebut. untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu menanamkan sikap kepedulian dan empati terhadap orang lain. Dengan begitu, para pelaku bullying nantinya akan belajar mengetahui bagaimana perasaan dari korban bullying selama ini. Sehingga, pelaku bullying sudah pasti akan menyadari kesalahannya dan berusaha untuk memperbaiki sikapnya agar lebih peduli dan empati kepada orang lain. Dan juga, perlakuan aksi bullying di sekolah akan hilang dan terhapus dengan segera.

  1. Mengajari Anak Untuk Mengontrol Emosi

Ciri khas dari para pelaku bullying yaitu ketidakmampuan untuk mengontrol emosi diri dengan baik. Mereka selalu melampiaskan kemarahannya kepada teman-teman sekolah tanpa memperdulikan sekitar. Memang, terkadang Anda tidak mampu untuk meredam emosi anak saat sedang marah. Untuk itu, peran orang tua di sini adalah mengajarkan bagaimana cara mengontrol dan melampiaskan kemarahan dengan baik tanpa menyakiti siapapun. Anda sebagai orang tua harus peka terhadap perilaku dan kondisi anak agar mereka tidak terjerumus dalam kasus bullying di sekolah.

  1. Mengawasi Dan Mengontrol Lingkungan Anak

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi para pelaku bullying di sekolah yaitu dengan memperhatikan lingkungan anak. Tidak hanya di lingkungan sekolah yang diperhatikan, tetapi lingkungan seluruh lingkungan yang ada di sekitarnya. Selain itu, tontonan anak di games, internet, ataupun televisi juga patut diberikan perhatian lebih. Anda harus dapat mengawasi setiap gerak-gerik yang dilakukan oleh si anak agar perilaku bullying tidak terjadi dilingkungannya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *