Bahaya Penggunaan Gadget Pada Anak
Parenting

Bahaya Penggunaan Gadget Pada Anak

Bahaya Penggunaan Gadget Pada AnakAyah Bunda, salah satu benda yang sangat akrab dengan anak-anak adalah gadget. Menurut Wikipedia, pengertian Gadget atau gawai adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Sedangkan perbedaan gadget dengan produk teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Dari definisi tersebut dapat kita simpulkan beberapa benda yang masuk dalam kategori gadget antara lain : smartphone, PC tablet, laptop, play station, televisi, flashdisk, headphone dan lainnya. Dalam hal ini smartphone, PC tablet dan televisi biasanya paling mendominasi penggunaannya pada anak.

Gadget atau gawai seringkali menjadi andalan orangtua saat anak rewel atau saat orangtua capek dan ingin anak asyik sendiri. Bermain dengan anak memang memerlukan energi lebih, namun membiarkan anak terlalu lama bersama gadget juga bukan pilihan yang bijak.

Berdasar penelitian, gadget memiliki banyak dampak negatif yang cukup berbahaya untuk kesehatan fisik maupun mental anak, diantaranya adalah :

Mengganggu pertumbuhan otak anak
Anak seharusnya menerima banyak stimulus dari lingkungan sekitar untuk perkembangan otaknya. Namun karena terlalu asyik dengan gadget, stimulus dari aneka aktivitas lain tidak diterima anak, sehingga pertumbuhan otak anak pun menjadi terganggu.

Menghambat perkembangan anak
Pada anak usia dini, fisik anak sedang dilatih dengan banyak bergerak. Anak-anak yang banyak bermain gadget akan sedikit bergerak sehingga perkembangan fisiknya menjadi lebih lambat.

Kegemukan atau obesitas
Selain menghambat perkembangan fisik, sedikit gerakan yang dilakukan anak akibat banyak duduk atau berbaring sambil bermain gadget menyebabkan anak lebih beresiko untuk gemuk. Padahal anak yang mengalami kegemukan beresiko lebih tinggi terhadap penyakit.

Bahaya Penggunaan Gadget Pada Anak

Resiko depresi
Anak yang terlalu sering menggunakan gadget biasanya mengalami gangguan kecemasan, selain itu lebih beresiko untuk depresi, bersikap agresif, kurang fokus dan aneka masalah perilaku dan mental yang lain.

Kecanduan
Anak menyukai gambar berwarna-warni, apalagi jika gambar tersebut bisa bergerak. Karena itulah anak mudah menyukai gadget. Sekali mereka asyik bermain, akan sulit untuk memisahkan gadget darinya.

Selain dampak diatas, masih ada banyak potensi negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan pada anak. Ada baiknya Ayah dan Bunda mulai berpikir untuk mengatur ulang penggunaan gadget oleh anak-anak dirumah. Misalnya dengan membuat kesepakatan pemakaian gadget oleh anak.

Ayah Bunda juga bisa mengikuti tips-tips seputar penggunaan gadget pada anak di halaman lain website ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *