beginilah-cara-yang-tepat untuk menolak permintaan anak
Parenting

Beginilah Cara yang Tepat untuk Menolak Permintaan Anak

beginilah-cara-yang-tepat untuk menolak permintaan anakAnak adalah karunia titipan tuhan yang tak ternilai harganya. Setiap orang yang telah berkeluarga pasti menginginkan mempunyai momongan atau buah hati. Ketika anak masih kecil biasanya anak sering meminta sesuatu yang sebenarnya tak boleh diberikan atau berbahaya bagi dirinya. Sudah bukan menjadi hal aneh, bahwa setiap anak banyak maunya, namanya juga anak-anak. Namun terkadang kita sebagai orang tua tak selalu bisa memenuhi permintaan anak kita tersebut. Karena penolakan tersebut didasarkan beberapa sebab dan alasan. Seperti misalnya ingin minta dibelikan es krim ketika sedang demam dan flu, namun orang tua tak memberikannya karena takut akan kondisi kesehatan anaknya. Lantas bagaimana cara yang benar untuk menolak permintaan anak tersebut? Nah, beginilah cara yang tepat untuk menolak permintaan anak yang baik. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

  1. Sebutkan Alasan Sederhana Yang Mudah Dipahami

Nah, beginilah cara yang tepat untuk menolak permintaan anak yang pertama yakni dengan menolak dengan menyebutkan alasan. Tentunya alasan yang diberikan adalah alasan yang mudah dipahami oleh si anak. Misalnya anak ingin memainkan benda tajam, pasti kita akan melarangnya bukan. Nah, sampaikanlah larangan tersebut dengan menyertakan alasan yang mudah anak pahami. Dan yang pastinya tolaklah keinginan anak dengan lembut dan penuh perhatian. Jangan menolak keinginan tersebut dengan marah-marah atau tindakan konyol lainnya. Anda orang tua yang bijak, maka anda pun harus melakukan hal yang bijak pula.

  1. Bujuk Dengan Senyuman Dan Kasih Sayang

Cara yang kedua dalam hal menolak keinginan anak dengan cara bujuk anak untuk tidak meminta dan melakukan hal tersebut. Tentunya dengan membujuk anak dengan penuh perhatian dan rasa kasih sayang. Minta anak tidak melakukannya dengan bujukan yang manis dan mudah dituruti oleh anak. Jangan menolak dengan kasar apalagi sampai membentak anak. Itu merupakan tindakan yang sangat tidak baik dalam menolak keinginan si buah hati.

  1. Tawarkan Hal Lain Kepada Si Anak

Selanjutnya, beginilah cara yang tepat untuk menolak permintaan anak yakni dengan menawarkan hal atau opsi lain kepada si buah hati. Sebagai contoh misalnya anak meminta dibelikan es krim di saat kondisi kesehatan anak tidak baik atau demam. Anda pasti tak akan membelikannya bukan? Nah, cara paling tepat menolaknya adalah mengganti atau menawarkan hal lain kepada si anak Misal jika anak ingin es krim kita tawarkan kue atau jenis makanan lainnya, yang tentunya tidak akan mengganggu masalah kesehatan si anak. Cara ini sangat efektif dilakukan. Mengapa demikian? Karena kebanyakan anak-anak masih polos dan mudah diarahkan atau dibujuk.

  1. Mengalihkan Perhatian Si Anak

Jika memang benar-benar harus menolak keinginan sang buah hati, cara yang selanjutnya dalam hal menolak keinginan anak adalah dengan cara mengalihkan perhatian si anak. Alihkan perhatian si anak untuk beralih ke permintaan lainnya. Misalnya sang anak ingin membeli mainan dengan harga yang sangat mahal namun pada saat bersamaan anda lupa membawa uang lebih. Maka, anda dapat alihkan perhatian anak ke hal yang lainnya.

  1. Tolak Dengan Lembut

Dan cara yang terakhir dalam hal menolak keinginan anak adalah menolaknya dengan senyuman dan tutur kata yang baik. Bujuk anak dengan lembut dan dengan penuh perasaan. Dengan demikian, anak akan lebih mudah menuruti keinginan dan penolakan anda terhadap keinginan buah hati anda tersebut.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *