berapa biaya yang dibutuhkan untuk anak homeschooling
Homeschooling

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Anak Homeschooling?

berapa biaya yang dibutuhkan untuk anak homeschoolingSeperti yang telah diketahui, homeschooling adalah model pendidikan pengganti sekolah yang termasuk dalam kategori jalur pendidikan informal. Oleh karena itu, proses pendidikan bukan lagi dilakukan oleh guru tetapi telah diambil alih sepenuhnya oleh orang tua. Dan alasan banyak orang tua yang memilih homeschooling pun beragam. Mulai dari aturan yang tidak terlalu baku seperti peraturan di sekolah hingga agar anak lebih terjaga dari pergaulan yang menyimpang. Biaya pendidikan homeschooling yang fleksibel menjadi salah satu alasan para orang tua menggunakan metode ini, sebab biaya dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap orang tua.

Faktor Yang Menentukan Biaya Pendidikan Anak Homeschooling, Mahal Atau Murah

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menentukan apakah biaya yang dibutuhkan seorang anak homeschooling mahal atau murah :

  1. Program Yang Dirancang

Faktor utama adalah bagaimana program yang dirancang oleh orang tua untuk anak. Dan tentu saja, setiap orang tua pasti memiliki program yang berbeda-beda. Misalnya bila ingin melakukan homeschooling di luar rumah, tentu perlu mengetahui tempat-tempat yang cocok untuk belajar dan tentunya disukai anak. Seperti mengajak anak pergi ke museum untuk mengenalkan situs-situs sejarah. Atau melakukan travelling berkeliling kota untuk mengenalkan alat transportasi, tata letak kota maupun bentuk gedung.

Apabila ingin menerapkan homeschooling berbasis internet, maka orang tua perlu berlangganan program belajar online. Namun jika hanya ingin memanfaatkan keterampilan, kreativitas dan kemampuan orang tua, tentu biaya yang dikeluarkan lebih irit bukan? Seperti mengajak anak ketika pergi berbelanja sehingga sekaligus dapat mengenalkan tentang mata uang, mengatur keuangan, menabung ataupun membeli sesuai kebutuhan. Atau yang paling mudah mengajak anak melihat lingkungan sekitar untuk mengenalkan tentang alam, bentuk tumbuhan, hewan maupun serangga.

  1. Tujuan Dari Homeschooling

Tujuan dari homeschooling sendiri pun sangat mempengaruhi biayanya. Mau dijadikan apa anak tersebut, maka terlebih dahulu perlu melakukan diskusi dengan anak. Misalnya jika ingin menekuni bakat anak dalam bermain musik, maka teruslah membimbing anak dalam mempelajari musik. Bila ingin anak fasih berbahasa Inggris, maka biasakan berbicara bahasa Inggris dengan anak. Intinya, fokuskan pembelajaran anak pada apa yang ditekuni dan tidak mencampurnya dengan pelajaran yang lain.

  1. Usia Anak

Faktor lain adalah usia anak yang akan diterapkan homeschooling. Rata-rata usia anak untuk homeschooling adalah usia 3 – 12 tahun yaitu usia anak untuk memasuki PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan SD (Sekolah Dasar). Dengan usia yang semakin tinggi, tentu biaya yang dibutuhkan akan semakin banyak pula.

Sebab kebutuhan pemenuhan pendidikan anak akan semakin bertambah. Misalnya pada anak usia 3 tahun, awalnya hanya melatih aspek kemandirian. Anak diajak untuk pergi ke toilet sendiri, membuka pakaian dan meletakkannya pada tempatnya. Namun di saat anak sudah berusia 6 tahun, tentu perlu diajarkan aspek yang lain, yaitu mulai masuk pendidikan akademik.

  1. Sumber Materi

Sumber materi juga tak kalah penting dalam menentukan biaya yang dibutuhkan dalam homeschooling. Namun, hal ini dikembalikan lagi pada keputusan dan keadaan setiap orang tua. Apabila ingin membeli produk-produk kurikulum dan menggunakan materi siap pakai buatan luar negeri, tentu akan mengeluarkan cukup biaya mahal. Sebaliknya, dengan hanya menggunakan materi yang disusun sendiri dan memanfaatkan yang ada di sekitar rumah. Biaya yang dikeluarkan akan lebih murah bahkan tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

  1. Keterlibatan Lembaga Eksternal

Bila sudah melibatkan lembaga eksternal yang bersifat khusus, tentu biaya yang dibutuhkan akan menjadi mahal. Misalnya mendatangkan guru privat untuk setiap pelajaran yang ingin dipelajari. Biasanya, ini dilakukan apabila orang tua tidak memiliki waktu luang yang banyak pada anak namun ingin melakukan homeschooling. Atau kondisi di mana orang tua belum mengetahui apa saja yang harus diajarkan dan kegiatan apa saja yang bisa dilatih di rumah pada anak.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *