berat badan anak ga naik-naik jangan keburu panik
Parenting

Berat Badan Anak Ga Naik-Naik, Jangan Keburu Panik

berat badan anak ga naik-naik jangan keburu panikSebagai seorang ibu rumah tangga, memiliki anak merupakan anugerah terindah yang Tuhan titipkan kepadanya. Merawat si kecil menjadi prioritas pertama seorang ibu untuk memantau tumbuh kembangnya, terlebih jika ia memiliki pipi chubby yang menggemaskan. Namun menambah berat badan si kecil tidak semudah yang dibayangkan, si kecil yang tidak doyan makan menjadi masalah yang sering kali dialami oleh ibu-ibu sehingga tumbuh kembang anaknya menjadi terhambat.

Anak yang susah makan membuat berat badannya sulit untuk bertambah, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asuhan nutrisi dalam tubuh. Terlihat kurus dari anak lainnya akan membuat sang ibu panik, karena sering dikatakan bahwa anaknya kurang gizi. Namun jangan khawatir, jika anda menghadapi masalah yang serupa, beberapa poin berikut ini bisa kamu coba.

  1. Beri Makanan Berkalori Tinggi

Anak yang memiliki berat badan yang kurang menjadi masalah penting yang harus segera diatasi. Oleh sebab itu anda bisa mencobanya dengan memberikan asupan nutrisi lebih pada makanan yang akan dilindungi oleh si buah hati. Cobalah untuk memberikan makanan dengan kadar kalori tinggi seperti telur atau susu sapi. Selain itu buah pisang juga mengandung kalori tinggi yang baik untuk pertumbuhannya.

Namun perhatikan pula jenis umurnya, untuk anak berusia 2-3 tahun umumnya membutuhkan sekitar 1.000 kkal setiap harinya sedangkan anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.400 kkal perharinya.

  1. Tambah Asupan Karbohidrat Pada Makanan

Untuk menambah berat badan anak anda, sajikan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Pasalnya jenis makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber gizi yang kaya akan kandungan kalorinya, yaitu sebesar 4 kkal/gram. Granola, kismis dan beberapa jenis buah kering merupakan jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Anda bisa mengolahnya menjadi puding atau yoghurt sebagai cemilan ringan anak anda. Selain itu anda bisa juga memberikan madu atau sari buah untuk menunjang kebutuhan nutrisi buah hati.

  1. Tambahkan Asupan Lemak SehatĀ 

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwasannya makanan yang mengandung banyak lemak akan membuat berat badan bertambah dengan cepat. Sehingga makanan berlemak menjadi tantangan yang harus dihindari oleh orang dewasa yang sedang dalam program diet. Berbeda dengan anda yang mendambakan perkembangan si buah hati, tambahan asupan lemak berguna untuk menambah berat badan si kecil yang kurus. Pasalnya pada 1 gram lemak terkandung lebih banyak kalori ketimbang dengan sumber gizi lainnya.

Mentega, kanola, dan minyak zaitun bisa anda manfaatkan sebagai bahan dasar memasak menu si kecil agar kandungan kalori meningkat. Selain itu menambahkan sayuran atau pasta sebagai menu si kecil bisa menjadi menu alternatif untuk menggemukkan badan si kecil.

  1. Perhatikan Juga Jenis Minumannya

Selain menambahkan kalori dan nutrisi ke menu makanan anak anda, jangan lupa untuk memperhatikan minuman yang dikonsumsi oleh si kecil. Mengkonsumsi air yang cukup memang baik untuk kesehatan, namun terlalu banyak mengkonsumsi kadar minum akan membuatnya lebih cepat kenyang sehingga mengurangi asupan makanannya. Untuk menambah tumbuh kembang si kecil berikan dia susu murni atau smoothie karena bagus untuk pertumbuhannya. Tambahkan juga dengan suplemen khusus penambah berat badan.

  1. Lakukan Konsultasi Dengan Dokter Spesialis AnakĀ 

Membaca referensi dari beberapa sumber mengenai cara menambah berat badan si kecil yang susah makan memang bisa membantu. Namun ada baiknya jika anda konsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis anak agar anda mendapatkan solusi terbaik dan terpercaya dari sang ahlinya. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dan ragu perihal apa yang akan anda berikan kepada anak anda.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *