cara membangun komunikasi efektif dengan anak
Parenting

Cara Membangun Komunikasi Efektif dengan Anak

cara membangun komunikasi efektif dengan anakAnak adalah harta paling berharga yang sengaja dititipkan tuhan bagi hambanya yang telah dirasa sanggup memegang tanggung jawab tersebut. Hadirnya buah hati ke muka bumi, menambah hari-hari orang tua menjadi lebih berarti. Anak dapat menjadi penyemangat orang tua dalam menghidupi keluarga. Maka dari itu penting menjaga anak, agar dapat berguna bagi masa depannya. Komunikasi sangat penting dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Lantas bagaimana cara membangun komunikasi efektif dengan anak khususnya bagi para calon orang tua. Berikut adalah beberapa  cara membangun komunikasi efektif dengan anak, khususnya bagi anda yang sebentar lagi akan menjadi calon orang tua :

  1. Meluangkan Waktu Lebih Untuk Anak

Menjaga sebuah titipan adalah suatu kewajiban dan amanah yang harus benar-benar dijaga. Sama dengan halnya menjaga anak, sebagai orang tua harus bertanggung jawab akan perkembangan anak. Entah itu perkembangan sikap atau perilaku, mental dan perkembangan fisik atau pertumbuhannya. Salah satu tanggung jawab bagi orang tua adalah menjaga kualitas komunikasi yang baik dengan si buah hati.

Salah satu cara membangun komunikasi efektif dengan anak adalah dengan sering meluangkan waktu lebih untuk si anak. Meluangkan waktu yang lebih banyak untuk sekedar menemani si anak dalam beberapa aktivitas kecilnya, akan membuat anak lebih dekat dengan orang tuannya.

Selain itu sang anak tak akan pernah merasa kesepian dan jauh dari orang tua. Karena biasanya, anak yang jauh dari orang tua akan merasa kurang kasih sayang, sehingga dikhawatirkan si anak mengalami masalah penyimpangan. Akibatnya apa? Masa depan anak bisa hancur karena hal tersebut. Jadi, meskipun anda tipe orang tua yang benar-benar sibuk, setidaknya sediakanlah sedikit waktu luang untuk membimbing anak anda. Anak perlu kasih sayang dan bimbingan dari orang tuanya.

  1. Sering Mengajak Anak Ngobrol

Tips yang kedua dalam menjaga hubungan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak adalah dengan cara sering mengajak anak ngobrol. Apapun dapat diobrolkan dengan si anak, bahkan walau hanya sekedar hal sepele sekalipun. Anak perlu komunikasi yang baik dengan orang tuannya. Dengan demikian anak akan merasa lebih diperhatikan dan mendapatkan kasih sayang yang cukup.

Anda dapat mengobrol perihal masalah kemajuan dan perkembangan sekolah si anak atau yang lainnya. Jika, anak anda sudah remaja, mungkin anda dapat ngobrol tentang dunia si anak yang biasanya sedang diwarnai dengan masalah percintaan atau lebih dikenal dengan cinta monyet. Jangan malu untuk menanyakannya, karena dia adalah anak anda sendiri. Dengan demikian hubungan emosional antara orang tua dan anak akan lebih terkontrol dan baik.

  1. Terbuka Kepada Anak

Yang ketiga, cara membangun komunikasi efektif dengan anak adalah dengan bersikap terbuka kepada anak. Anak adalah darah daging kita sendiri, jangan ada yang ditutup-tutupi dengan si anak. Karena dengan demikian, anak pun akan melakukan hal yang sama. Jika kita terbuka kepada anak, anak pun akan terbuka kepada orang tuannya. Sikap keterbukaan antara orang tua dan anak adalah salah satu faktor yang dapat menumbuhkan kualitas komunikasi terbaik. Jadi, mulai sekarang mulailah terbuka kepada buah hati anda.

  1. Tidak Mudah Marah Kepada Anak

Tips yang keempat dalam menjaga kualitas komunikasi yang baik kepada anak yakni tidak mudah marah jika anak melakukan kesalahan. Marah boleh dan sama sekali tidak dilarang, namun marahlah dengan cara yang cerdas dan bijak sebagai orang tua yang baik. Anda cukup marah dengan kata-kata yang menuntun anak ke arah yang lebih baik. Jangan marah dengan nada terlalu kasar, apalagi hingga main fisik kepada si anak. Karena dikhawatirkan anak akan trauma dan tertekan dengan perlakuan semacam itu.

  1. Menghargai Usaha Anak

Yang terakhir adalah selalu senantiasa menghargai usaha anak. Apapun usaha yang telah anak anda lakukan, hargailah dengan penghargaan yang sepantasnya. Apresiasilah semua perbuatan baik yang ia lakukan. Karena dengan senantiasa menghargai usaha anak, kualitas komunikasi anda kepada anak anda akan terjalin lebih baik.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *