cara mengatasi anak yang suka menyontek
Serba Serbi Sekolah

Cara Mengatasi Anak yang Suka Menyontek

cara mengatasi anak yang suka menyontekDewasa ini, orang tua mulai menganggap kalau menyontek itu hal yang wajar dan biasa-biasa saja. Menyontek biasa dilakukan anak ketika sedang ada tugas anda ketika sedang ujian sekolah. Jika dilakukan berulang kali ditakutkan akan berpengaruh pada karakter anak ketika dewasa kelak. Untuk itu orang tua dan guru memiliki tugas dan peran dalam Mengatasi anak yang suka menyontek. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak sering menyontek yaitu sebagai berikut

Penyebab Anak Sering Menyontek

Banyak hal yang menyebabkan anak sering menyontek, salah satunya adalah tidak percaya diri. Sebagian dari anak menyontek karena tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga anak akan cenderung menyontek orang lain atau teman.

Faktor kedua adalah anak malas belajar. Karena malas belajar inilah satu penyebab besar anak menyontek. Jangan biasakan anak untuk malas belajar, dengan malas belajar anak kurang paham dengan apa yang dilakukan dan akhirnya anak lebih cenderung memilih untuk menyontek.

Faktor ketiga yang menyebabkan anak sering menyontek yaitu si anak tidak mau berusaha dan hanya mengandalkan hasil dari temannya. Maka hasilnya menyontek adalah hal yang biasa baginya

Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Yang Sering Menyontek

Sebagai seorang orang tua dan guru dituntut untuk mampu meminimalisir penyebab terjadinya anak menyontek. Setelah tau penyebab anak suka menyontek, berikut adalah cara mengatasi anak yang suka menyontek :

  1. Menanamkan Sikap Jujur Sejak Dini

Salah satu cara mengatasi anak yang suka menyontek adalah dengan memberi pelajaran tentang nilai-nilai kejujuran sedini mungkin. Dengan memahami nilai kejujuran, anak akan sadar dan menjadi enggan untuk menyontek. Orang tua dan guru bisa mengajarkan prinsip lebih baik nilai sedikit asal jujur daripada nilai tinggi tapi hasil menyontek kepada anak. Jelaskan kepada anak bahwa mencontek adalah hal tercela dan sama dengan mencuri.

  1. Biasakan Memuji Hasil Kerja Anak

Untuk orang tua dan guru hendaknya biasakan memuji setiap upaya dan hasil yang diperoleh anak. Bagaimanapun anak sudah berusaha dan tugas anda adalah memuji hasil karyanya. Dengan begitu anak akan percaya diri dan anak tidak merasa rendah diri. Dampaknya anak akan lebih giat belajar lagi karena dorongan dari orang tua dan guru.

  1. Latih Anak Agar Rajin Belajar Dan Giat Latihan Soal

Sebagai orang tua harus membimbing anaknya dirumah untuk pengembangan karakter dan pengetahuan. Anda dapat melatih anak agar giat belajar yaitu dengan menemaninya belajar dan biasakan untuk tanya jawab soal. Dengan begitu pengetahuan anak akan lebih luas dan anak tidak akan menyontek hasil dari teman.

  1. Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Menumbuhkan sikap percaya diri pada anak sangatlah penting untuk kehidupan sosial anak agar lebih baik. Berilah kepercayaan kepada anak, dengan begitu anak akan termotivasi dan semangatnya akan terpompa. Anak akan menampilkan performa terbaiknya agar mendapatkan pujian dari orang tuanya.

  1. Perbaikilah Pandangan Orangtua Terhadap Prestasi Akademis

Perbaikilah cara pandang anda tentang prestasi akademis adalah cara mengatasi anak yang suka menyontek. Anak suka menyontek karena tuntutan orangtua yang berlebihan tentang prestasi akademis. Karena anak merasa tertekan dengan tuntunan orang tua maka anak akan melakukan segala cara agar anak dapat memenuhi tuntutan tersebut.

Sebagai orang tua kita harus tau bahwa prestasi akademis memang penting dan akan membantu masa depan. Tetapi prestasi akademis bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan anak di masa depan dalam menjalani hidup. Jangan terlalu menekan anak dengan tuntutan-tuntutan prestasi akademis.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *