Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak
Parenting

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak“Bunda, anak saya suka sekali bermain game, kalau diminta hapenya dia marah-marah. Apa yang harus saya lakukan?” tanya seorang Bunda panik di grup Parenting. Bukan cerita baru yaaa, anak yang mulai terlihat kecanduan terhadap gadget, biasanya berupa smartphone atau PC tablet.

Meski era serba modern dan informasi sangat mudah didapatkan, namun informasi mengenai akibat buruk gadget bagi anak banyak yang belum tahu. Sehingga banyak orangtua muda yang membiarkan anaknya terlalu akrab dengan gadget. Karena saat anak asyik berdua dengan benda itu, mereka anteng sehingga orangtua malah bersyukur merasa lebih leluasa mengerjakan hal lain seperti mengerjakan pekerjaan rumah, ibadah atau sekedar beristirahat.

Bagi Ayah Bunda yang mulai sadar karena anaknya terlanjur kecanduan gadget, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba.

Batasi penggunaan gadget

Anak kecanduan karena selama ini bebas menggunakan gadget kapan saja dan dimana saja. Mulai hari ini, Ayah Bunda buat komitmen bersama anak. Kapan dia boleh bermain gadget kapan harus dikembalikan kepada Ayah Bunda. Buat aturan yang jelas dan ketat, misal hanya boleh bermain maksimal dua jam perhari. Atau jika memungkinkan dua jam itu hanya saa hari libur saja.

Batasi akses internet

Banyak game dan video menarik yang untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet. Batasi akses internet di rumah dengan memberi password rahasia sehingga untuk mengaksesnya harus sepengetahuan Ayah Bunda.

Uninstal aplikasi game dari hape

Aplikasi game yang terlalu banyak di hape membuat anak merasa sayang jika harus menyimpan hape. Solusinya, kurangi jumlah game tersebut sedikit demi sedikit dengan cara uninstal. Tentu tetap komunikasikan dengan baik kepada anak, kenapa game harus dikurangi, berapa jumlah game yang boleh di uninstal, berapa jumlah game maksimal yang boleh disisakan setelah proses pengurangan dalam sebulan, misalnya begitu.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Jauhkan gadget dari jangkauan anak-anak

Simpan gadget ditempat yang tidak mudah dilihat dan diambil anak. Gadget yang bergeletakan begitu saja dirumah, mengundang anak untuk segera meraihnya. Ada baiknya disimpan dilemari khusus dengan kunci yang dipegang Ayah Bunda.

Alihkan dengan aktivitas lain

Anak akan mudah merasa bosan dan teringat dengan gadget jika tidak ada aktivitas lain yang dilakukan. Supaya tidak begitu, Ayah Bunda wajib melibatkan anak dalam aktivitas lain yang menyibukkannya. Misalnya bermain boardgame, berjalan-jalan diluar rumah, membantu pekerjaan rumah dan lainnya.

Demikian Ayah Bunda, semoga si kecil segera terbebas dari gadgetnya.

You may also like...

1 Comment

  1. […] Untuk anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan gadget seperti smartphone dan televisi, sebagai mainan pengganti smartphone/televisi. Baca cara mengatasi anak kecanduan gadget disini. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *