Parenting

Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak

cara-mengetahui-minat-dan-bakatanakBakat adalah sesuatu yang dimiliki seseorang dari semenjak dilahirkan di muka bumi. Yang dapat terus dikembangkan dan menjadi hobi hingga menjelang masa remaja. Setiap orang pasti memiliki hobi, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Bagi anda yang telah menjadi orang tua sangatlah penting dalam mengetahui bakat dan minat anda. Sangat banyak cara mengetahui minat dan bakat anak yang dapat diterapkan. Mengetahui hobi anak akan mempermudah anda dalam mengarahkan masa depan si buah hati anda tercinta.

Mengetahui minat dan bakat anak sangat penting dilakukan, hal ini berguna untuk mengetahui kemana arah dan cita-cita sang anak kelak. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui bakat dan minat anak anda. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

  1. Pahami Hobi Dan Kebiasaan Anak

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk dapat mengetahui minat dan bakat anak adalah dengan memahami hobi dan kebiasaan anak. Hobi dan kebiasaan yang sering anak anda lakukan menunjukkan bahwa itulah hobi anak anda. Anda dapat mendukungnya jika itu hobi atau kebiasaan yang baik dan anda pula dapat melarang dan mengarahkan sang anak jika itu merupakan hobi atau kebiasaan yang tidak baik.

Dengan paham akan hobi dan kebiasaan si anak anda akan lebih mudah mengarahkan cita-cita dan masa depan si anak akan menjadi apa. Anda dapat mempersiapkan sedini mungkin hal-hal untuk mendukung bakat anak anda tersebut. Jangan pernah menentang apa yang menjadi hobi anak anda selagi itu bukan hobi dan kebiasaan yang menyimpang. Anda harus mendukung dan memberikan semangat kepada si anak untuk mengembangkan bakatnya. Sehingga harapannya bakat tersebut dapat menjadi suatu peluang bagi anak dalam menggapai cita-citanya.

  1. Membangun Komunikasi Positif Kepada Anak

Hal kedua yang dapat dilakukan sebagai cara mengetahui minat dan bakat anak adalah dengan selalu membangun komunikasi positif kepada anak. Sering-seringlah mengajak anak anda mengobrol tentang hal apapun itu. Ya, salah satu misalnya adalah mengobrolkan masalah hobi dan kebiasaan anak. Dengan mengobrol dan menggali hal tersebut maka anda dapat mengetahui minat dan bakat anak anda secara keseluruhan.

Hubungan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak akan membentuk rasa emosional yang baik terhadap si anak. Dengan demikian selain dapat mengetahui kepribadian anak secara lebih jauh, anda pun dapat mengetahui minat dan bakat si anak. Berbagi ceritalah kepada si anak tentang hal terkait hobi dan kesukaannya. Tanyakan kepada si anak apa cita-citanya, dengan demikian anda dapat mulai intensif mendidik si anak.

  1. Memberikan Kebebasan Anak Untuk Mengeksplorasi Diri

Yang ketiga, cara mengetahui minat dan bakat anak adalah dengan cara memberi kebebasan. Kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan anak dalam menentukan kemauan dan cita-citanya. Biarkanlah sang anak mengeksplorasi dirinya. Jangan melarang dan menghalangi keinginan anak anda tersebut. Anda cukup perlu memantau sejauh mana eksplorasi si anak. Apabila telah melewati batas dan telah melakukan tindakan atau kebiasaan yang tidak baik, barulah anda perlu mengingatkannya.

  1. Beri Kebebasan Anak Untuk Memilih

Yang keempat, berilah kebebasan anak untuk memilih apa yang ia inginkan. Jangan memaksakan kehendak si anak, karena hasil dari sebuah pemaksaan adalah hal yang tak akan baik. Anda dapat memberikan kebebasan terkait bakat yang anak anda pilih. Biarkanlah sang anak mengembangkan bakatnya. Jangan halangi bakat sang anak. Anda cukup memantau perkembangan si anak agar tidak kebablasan dalam pergaulan.

  1. Memberi Kesempatan Anak Mengikuti Kompetisi

Dan yang terakhir dalam hal mengetahui minat dan bakat anak adalah memberi kesempatan anak dalam mengikuti kompetisi. Dukunglah setiap keinginan anak agar bakat yang ia miliki dapat menjadi kebanggaan bagi anda. Dengan demikian anda akan lebih tahu apa minat dan bakat sang anak.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *