cara menjadi orangtua bijak dambaan anak
Parenting

Cara Menjadi Orangtua Bijak Dambaan Anak

cara menjadi orangtua bijak dambaan anakOrangtua adalah panutan dan contoh bagi anak-anaknya. Baik atau tidaknya anak tergantung bagaimana cara orang tua mendidiknya. Banyak anak sukses karena didikan orang tuanya, Namun, banyak anak tak karuan tingkahnya, karena orang tua juga. Bagaimana cara mendidik dan mengarahkan anak. Sebagai orangtua yang akan menjadi panutan anak penting memiliki kriteria orang tua yang bijak. Dengan menjadi orangtua bijak dambaan anak anda dapat mengarahkan dan membimbing anak anda dengan mudah. Tentunya dalam hal kebaikan si anak.

Jika kita lihat diluaran sana banyak anak yang memiliki sifat dan akhlak baik biasanya orang tuanya pun baik. Namun terkadang pun bisa pula sebaliknya. Ada pula orang tua yang baik, namun memiliki anak yang tak tahu adab, itu mungkin disebabkan karena kegagalan orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Maka penting menjadi orangtua bijak dambaan anak agar anak anda dapat menjadi sosok yang anda harapkan. Berikut adalah beberapa cara menjadi orang tua bijak dambaan para anak yang perlu diketahui :

  1. Bersikap Tegas

Sifat anak sebagian besar biasanya menggambarkan tentang bagaimana sikap orang tuannya. Baik itu sikap dan sifat orang tuanya semasa muda atau sikapnya saat ini. Biasanya hal ini menjadi hal yang ditiru oleh anak-anak mereka. Karena sejatinya adalah orang tua adalah panutan bagi anak-anaknya. Cara menjadi orangtua bijak dambaan anak yang pertama adalah jadilah orang tua yang tegas. Tegas dalam artian tidak main-main dan benar-benar serius mendidik anak.

Hal ini dapat dicontohkan jika suatu ketika anak melakukan kesalahan dan anak harus mendapat hukuman. Maka hukumlah anak tersebut, namun dengan cara yang wajar. Tegas dalam menjadi orang tua akan mendidik karakter anak-anak untuk tak membangkang dan melawan perintah orang tua. Dengan menjadi orang tua yang tegas, kualitas dan karakter anak pun akan menjadi baik.

  1. Bersikap Adil

Yang kedua, cara menjadi orang tua bijak yang didambakan anak adalah dengan menjadi orang tua yang dapat bersikap adil. Tidak membeda-bedakan yang satu dengan yang lainnya. Seperti contoh tidak membedakan kedua anaknya yang memiliki perbedaan karakter. Juga tak membedakan anak dari segi apapun itu. Semua disamaratakan, karena sama-sama berstatus sebagai anak anda. Tidak ada perbedaan pemberian perhatian dan lain sebagainya. Hal inilah yang akan membuat anda menjadi orang tua bijak dambaan anak-anak anda.

  1. Perhatian Dan Penuh Kasih Sayang

Yang ketiga adalah jadilah orang tua yang perhatian dan penuh kasih sayang. Meskipun anda harus bertindak sebagai orang tua yang tegas setidaknya aspek ini jangan sampai dilupakan. Anda perlu memberikan perhatian lebih kepada anak-anak anda. Karena anak-anak sangat memerlukan semua itu. Kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tuanya.

  1. Tidak Berlebihan Memanjakan Anak

Orang tua yang bijak dambaan anak adalah orang tua yang tidak berlebihan dalam memanjakan anak-anaknya. Anak-anaknya diperlakukan sewajarnya saja dan tidak berlebihan dalam menuruti kehendak anak. Karena anak yang sudah terbiasa manja, biasanya sulit untuk menjadi mandiri. Akibatnya apa, masa depan anak menjadi taruhannya. Jadi, jika anda sayang kepada anak anda tak perlu memanjakannya secara berlebihan. Manjakanlah sewajarnya saja.

  1. Humoris

Dan yang terakhir cara untuk menjadi orang tua bijak dambaan para anak adalah menjadi orang tua humoris. Selain harus bertindak tegas dan tidak memanjakan anak, sikap humoris dapat membuat anda lebih dekat dengan anak anda. Dengan demikian anda akan memenuhi salah satu kriteria sebagai orang tua bijak idaman para anak.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *