dampak-pujian dan celaan bagi anak
Parenting

Dampak Pujian Dan Celaan Bagi Anak

dampak-pujian dan celaan bagi anakSaat anak mendapatkan prestasi yang membanggakan secara otomatis kita sebagai orang tua pasti akan langsung memujinya. Memuji anak memang akan membuat anak menjadi senang dan bersemangat untuk melakukan prestasi atau hal positif yang lain. Selain memberi  pujian terkadang orang tua juga sering memberi celaan kepada anak.

Celaan sering terlontar saat anak kita mempunyai kekurangan atau melakukan kesalahan. Tapi ingat,pujian dan celaan yang diberikan kepada anak secara berlebihan juga tidak baik untuk pertumbuhan anak. Untuk para orang tua, berikut adalah dampak dari pujian dan celaan yang diberikan orang tua kepada anak :

Dampak Pujian Bagi Anak

Pujian tidak selamanya baik untuk perkembangan anak. Ada beberapa dampak negatif dari pujian, diantaranya:

  1. Membangkitkan Rasa Percaya Diri Anak

Pujian yang tepat dari orang tua kepada anaknya akan memberikan rasa percaya diri pada anak. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi senang dan bangga atas prestasi atau pun hal positif yang ia capai. Anak menjadi lebih bersemangat dalam meraih dan meningkatkan prestasinya di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

  1. Anak Menjadi Sombong

Pujian yang berlebihan atau pujian yang kurang tepat,dapat mengakibatkan anak akan salah menempatkan dirinya dalam kehidupan bersosial. Hal ini dapat mengakibatkan anak bersikap sombong karena pujian yang diberikan secara berlebihan oleh orang tuanya. Anak akan merasa dirinya paling segalanya di antara teman – temannya.

  1. Menjadi Anak Yang Gila Hormat

Anak yang sudah dibiasakan mendapatkan pujian akan selalu mengharapkan pujian dari apa yang ia lakukan. Hal ini akan menjadikan anak kecanduan pujian ketika anak melakukan hal sekecil apapun. Saat anak tidak mendapatkan pujian maka ia menjadi anak yang kurang percaya diri atas apa yang ia punya.

  1. Anak Menjadi Mudah Puas

Pada sebagian anak,pujian dari orang tuanya akan menjadikan anak tersebut menjadi mudah puas atas apa yang telah ia capai. Hal ini akan mengakibatkan anak menjadi kurang bersemangat dalam menggapai prestasi yang lebih baik lagi. Kita kenali dahulu anak kita,jika ia adalah anak yang mudah puas maka berikan pujian saat anak memiliki prestasi yang besar.

  1. Anak Akan Merasa Tertekan

Beberapa anak ada yang akan merasa tertekan setelah ia mendapatkan pujian dari orang tuanya. Karena anak akan khawatir atau takut jika ia tidak bias seperti apa yang orang tua inginkan. Maka dari itu para orang tua harus memotivasi anak dengan kata – kata yang tepat supaya anak tidak terbebani.

Dampak Celaan Bagi Anak

Celaan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi anak. Dampak itu diantaranya :

  1. Anak Akan Menjadi Minder

Seringnya orang tua memberikan celaan kepada anak ,mengakibatkan anak akan beranggapan bahwa ia sangat bodoh dibanding teman – temannya. Anak menjadi kehilangan rasa percaya diri, karena merasa ia tidak bisa apa – apa dibanding teman – temannya. Hal ini juga dapat mempengaruhi prestasinya di sekolah.

  1. Anak Menjadi Susah Bergaul

Kurangnya rasa percaya diri yang disebabkan oleh celaan, mengakibatkan anak menjadi susah bergaul,entah itu di sekolah atau pun lingkungan masyarakat. Anak beranggapan bahwa temannya atau saudaranya akan memberi celaan yang serupa seperti celaan dari orang tua anak tersebut. Karena celaan juga termasuk dalam kategori bullying.

  1. Menimbulkan Rasa Benci Terhadap Orang Tua

Karena merasa tertekan oleh celaan  dari orang tua,anak beranggapan bahwa orang tua tidak mengetahui bakat yang terdapat pada dirinya. Seiring berjalannya waktu anak akan merasa frustasi karena celaan yang terlalu sering didengar langsung dari mulut orang tuanya. Hal tersebut akan menimbulkan rasa benci terhadap orang tua.

  1. Anak Menjadi Ragu Terhadap Diri Sendiri

Saat anak mendapat celaan, anak beranggapan bahwa ia adalah orang yang tidak bisa melakukan sesuatu hal yang diinginkan orang tua. Dari situ timbullah rasa ragu terhadap siri sendiri. Anak menjadi kurang yakin apakah ia bisa menjadi lebih baik lagi dari sekarang atau tidak.

  1. Mengakibatkan Stres

Apabila anak sering mendapatkan celaan, lama – lama anak akan tertekan. Anak beranggapan ia tidak bias melakukan apa – apa dan hal ini dapat mengganggu prestasinya. Sebaiknya orang tua berbicara dengan pilihan kata yang tidak akan mengganggu jiwa dan pikiran anak.

Itu tadi adalah beberapa dampak pujian dan celaan bagi anak oleh orang tuanya. Memuji anak sebenarnya boleh – boleh saja tapi jangan terlalu sering atau  berlebihan. Memuji anak  terlalu sering akan menimbulkan dampak negatif bagi pertumbuhan anak. Ingat,apapun yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Jika anak mendapatkan Prestasi yang membanggakan, berikan pujian secara sewajarnya saja.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *