hal yang patut dipertimbangkan sebelum memasukkan anak ke paud
Preschool Serba Serbi Sekolah

Hal Yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Memasukkan Anak Ke PAUD

hal yang patut dipertimbangkan sebelum memasukkan anak ke paudPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang pertama yang harus dilewati oleh anak. Pendidikan PAUD mulai dari usia 3 – 6 tahun. Karena itu orang tua harus benar-benar mempertimbangkan dan mempersiapkan dengan matang. Sekarang ini sekolah TK termasuk dalam lembaga pendidikan di bawah naungan PAUD. Anak –anak yang lahir di tahun 90an diharuskan untuk memulai sekolah di jenjang TK. Namun sejak tahun 2000an ada kebijakan baru lagi yaitu sebelum anak masuk TK harus masuk Playgroup dulu selama 1 tahun. Perbedaan sekolah PAUD dengan TK terletak pada pelajaran dan strategi pembelajarannya. Di PAUD guru hanya akan memberikan pelajaran menyanyi dan bermain saja. Sedangkan di TK anak sudah diajari calistung disamping pelajaran bermain. Beberapa pertimbangan sebelum memasukkan anak ke PAUD adalah:

  1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Dalam memilih kan sekolah PAUD buat si buah hati jangan terburu-buru namun harus dipertimbangkan secara  matang. Pada saat ini banyak PAUD yang sudah memiliki situs, blog atau media sosial yang sudah mempromosikan sekolah mereka lewat internet. Jika anda belum sempat datang ke lokasi sekolah bisa mengunjungi situsnya. Atau anda bisa juga memanfaatkan forum tempat dimana para orang tua sering sharing masalah sekolahan. Atau bisa bertanya langsung kepada mereka yang sudah menyekolahkan anaknya di sana.

  1. Pilihlah PAUD Yang Sudah Memiliki Izin

Orang Tua harus memilih kan sekolah PAUD yang sudah memiliki izin usaha baik itu dari pemerintah atau swasta. Hal ini penting sekali demi keamanan anak anda. Karena banyak PAUD yang belum mengantongi badan hukum sehingga kalau terjadi sesuatu dengan anak akan sulit memprosesnya. Jadi sebagai orang tua hendaknya lebih cermat dan teliti dalam menentukan sekolah PAUD ini. Jika semua kriteria yang bagus sudah dimiliki kita sebagai orang tua pasti akan merasa nyaman dan tenang. Anak-anak pun pasti merasa senang dan betah sekolah di PAUD tersebut.

  1. Kurikulum Dan Metode Pengajaran Sesuai Usia Anak

Di sekolah PAUD metode pengajaran  yang diberikan biasanya sebatas pelajaran menyanyi dan bermain saja. Padahal ada sebagian dari orang tua yang setuju metode calistung (kemampuan membaca, menulis dan berhitung) perlu sekali diajarkan di PAUD. Sementara itu ada juga sebagian dari orang tua yang tidak menyetujuinya. Semua itu tentu saja memiliki alasan dan latar belakang tersendiri. Oleh sebab itu pilihlah sekolah PAUD yang memang benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan anak. Sekolah PAUD yang baik adalah sekolah yang bisa memahami tumbuh kembang anak sesuai dengan tingkat usianya. Di samping itu juga setiap anak pasti memiliki tingkat kecerdasan masing-masing.

  1. Tenaga Pengajar Yang Berkualitas

Tenaga pengajar yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting juga untuk jadi pertimbangan anda dalam memilih kan sekolah PAUD. Karena itu pilihlah PAUD yang benar-benar menawarkan pendampingan anak secara maksimal. Amati juga bagaimana cara pengajar berinteraksi dengan anak didiknya. Apakah mereka cukup santun dan ramah saat berbicara  dengan anak serta mau mendengar dan menghargai anak didik mereka? Apakah mereka tampak atentif atau bahkan menjaga jarak? Satu lagi perhatikan bagaimana reaksi anak-anak saat belajar. Apakah mereka tampak senang, bahagia, sehat dan nyaman? Akrabkah anak-anak dengan guru-gurunya?

  1. Fasilitas Bermain Dan Belajar

Pastikan sekolah PAUD pilihan anda memiliki fasilitas bermain dan belajar yang sangat lengkap. Karena alat-alat penunjang belajar itu penting sekali buat sarana ekspolarasi anak. Ruangan kelas harus memiliki pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara yang cukup. Bangunan yang dimilikinya harus cukup menampung jumlah murid serta memiliki area bermain yang aman buat balita. Kebersihan toiletnya juga harus dipertimbangkan agar anak-anak merasa nyaman dan kesehatannya juga terjaga.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *