jenis buku anak yang harus ada dirumah
Home Library

Jenis Buku Anak Yang Harus Ada Dirumah

jenis buku anak yang harus ada dirumah
Gambar : modernriverside.com

Ada banyak jenis buku anak dengan konten yang beraneka macam. Ada yang buku yang dibuat murni untuk menghibur saja seperti komik. Ada pula yang menunjang pembelajaran anak di sekolah seperti buku ensiklopedia. Berikut ulasan lengkap jenis buku-buku anak yang paling direkomendasikan untuk disediakan dirumah.

Boardbook Balita

Boardbook menggunakan kertas tebal seperti kertas karton sehingga tidak bisa ditekuk dan tidak bisa disobek dengan tangan. Kebanyakan boardbook juga menggunakan lapisan laminasi pada setiap halamannya supaya tidak bisa dicoret-coret. Boardbook dirancang khusus untuk buku anak usia lima tahun ke atas, dimana pada usia tersebut anak sedang suka bereksplorasi menggunakan tangan.

Soft Book

Kebalikan dari boardbook, softbook justru sangat lembut dan lemas. Bisa dilipat-lipat karena menggunakan bahan dasar kain. Softbook diperuntukkan untuk bayi yang ingin dikenalkan kepada buku sejak dini. Karena berbahan kain, softbook aman untuk dipegang dan digigit bayi.

Cerita Pembangun Karakter

Ketika diberi nasehat, kadang anak belum mengerti sehingga dia masih saja mengulang-ulang kesalahannya. Dengan bantuan cerita, nasehat dapat diterima anak namun tanpa merasa diatur dan digurui. Buku jenis ini banyak tersedia mulai dari untuk balita sampai untuk usia remaja. Misalnya buku seri Little Abid, buku Franklin dan lainnya.

Kisah Insan Teladan

Banyak karakter baik yang diajarkan sejak kecil, namun kadang masih terasa abstrak untuk diterima jiwa. Kisah insan teladan menjembatani itu semua. Berupa biografi atau kisah singkat mengenai kejadian nyata di masa lalu yang bisa diambil hikmahnya. Dalam hal ini, buku kisah para Nabi dan Rasul atau kisah para tokoh dunia bisa masuk jenis ini.

Ensiklopedia Anak

Selain untuk melatih cara kerja otak dan membentuk karakter anak, fungsi pembelajaran di sekolah juga untuk mengembangkan wawasan anak. Dari rumah, wawasan untuk anak bisa di back up dengan jauh lebih menyenangkan melalui buku-buku ensiklopedia untuk anak seperti Widya Wiyata Pertama.  Selain itu dari buku ensiklopedia Ayah Bunda dapat menggali semua bidang ilmu untuk mengetahui di bidang mana anak memiliki minat dan bakat.

Buku Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang harus dikuasai anak setelah bahasa ibu. Sejak usia tiga tahun keatas, anak dapat dikenalkan pada buku-buku berbahasa Inggris baik buku cerita maupun buku yang sekaligus dirancang untuk belajar bahasa Inggris seperti buku Talking English.

Match Frame

Melatih ketangkasan otak di sekolah biasanya melulu melalui hafalan dan pelajaran matematika. Namun buku match frame menghadirkan pilihan melatih otak dengan lebih menyenangkan. Melalui kegiatan mencocokkan gambar, anak diajak untuk mengasah otaknya agar lebih fleksibel dalam berpikir. Buku jenis ini juga dipakai di beberapa sekolah dan klinik tumbuh kembang anak.

Craft Book

Saat anak sedang tidak tertarik dengan buku namun Ayah Bunda tak ingin memberikan gadget, mengajak anak membuat craft adalah pilihan yang tepat. Buku kumpulan step by step cara membuat craft seperti Craft Untuk Anak-Anak akan sangat berguna. Termasuk jika ingin mengisi kegiatan liburan si kecil dari rumah saja.

Pastikan buku-buku diatas ada dirumah ya Ayah Bunda. Jika mengalami kesulitan dalam mendapatkannya, Ayah Bunda dapat menghubungi nomor kontak yang tertera dalam halaman web ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *