kapan waktu yang tepat untuk mengajari anak calistung
Preschool Serba Serbi Sekolah

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengajari Anak Calistung?

kapan waktu yang tepat untuk mengajari anak calistungMempunyai buah hati dengan tumbuh kembang yang baik serta memiliki kecerdasan menonjol tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Mendidiknya untuk menjadi pribadi yang baik sedini mungkin agar kelak saat tumbuh dewasa kebiasaan yang selalu diajarkan oleh kedua orang tuanya melekat erat di kepalanya. Selain memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi, mendampinginya untuk mendapatkan ilmu secara basic yang bertujuan untuk menunjang kecerdasan sang anak.

Mengajarkan membaca, menulis dan menghitung atau yang biasa disingkat calistung kepada anak perlu diperhatikan. Jangan sampai pembekalan pada waktu yang kurang tepat mengganggu perkembangan sang anak. Oleh sebab itu ketahuilah waktu yang tepat mengajarkan calistung kepada sang anak.

  1. Ajarkan Anak Membaca Ketika Telah Menginjak Usia 4 Tahun

Waktu yang tepat untuk mengajarkan teknik membaca pada anak adalah saat anak anda telah menginjak usia 4 tahun. Ketika anak anda telah genap 4 tahun anda dapat mengajarkan teknik membaca secara benar, karena umur 4 tahun sudah ideal untuk diberikan pembekalan tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti proses belajar bisa dilakukan secara singkat. Maksudnya mulailah mengajarkan anak membaca dari hal yang paling sederhana.

Proses belajar tidak hanya ditunjang dari cara mengeja huruf saja, belikan buku khusus untuk anak belajar membaca. Bisanya dalam isi buku tersebut terdapat ejaan huruf serta gambar atau simbol yang memudahkan sang anak mengetahui maksud bacaan tersebut. Selain itu, alternatif lainnya yaitu dengan membacakan dongeng pada si kecil. Selain meningkatkan kemampuan membaca, sang anak akan mempunyai rasa empati yang tinggi.

  1. Perkenalkan Proses Menulis Sedini Mungkin 

Berbeda dengan mengajarkan anak membaca yang dimulai sejak usia 4 tahun. Mengajarkan menulis pada sang anak dianjurkan sedini mungkin untuk melatih kemampuan motoriknya. Sebelum mengajarkan cara menulis pada si anak, ajarkan cara menggenggam benda-benda kecil yang biasa digunakan sehari-hari seperti memegang sendok, sikat gigi, dan pensil. Setelah kemampuan motorik terlatih dengan baik, maka proses belajar menulis bisa diajarkan dengan mengenalkan berbagai macam huruf, terutama huruf yang berhubungan dengan namanya.

  1. Ajarkan Cara Berhitung Ketika Usia 4 Tahun

Mengajari anak berhitung bisa dimulai dari umur 4 tahun ketika kemampuan motorik serta sensoriknya telah berkembang dengan baik. Namun anda dapat memperkenalkannya sedini mungkin secara bertahap, misalnya saja ajarkan anak menghitung jumlah permen yang sedang dibelinya untuk kemudian dibagikan kepada temannya. Langkah tersebut lebih efektif ketimbang mengajarkan rumus matematika seperti 1+1=2 yang membuat sang anak lebih cepat bosan.

  1. Umumnya Sang Anak Dapat Memahami Metode Calistung Ketika Usia 5-6 Tahun 

Meskipun memperkenalkan metode calistung kepada sang anak bisa dilakukan sedini mungkin, namun sebagian anak ada yang memiliki kemampuan dibawa itu. Metode pembelajaran yang sederhana bisa menjadi alternatif untuk berkenalan dengan hal tersebut, namun apabila sang anak tidak bisa mengikuti proses belajarnya jangan terlalu dipaksa agar tidak membuat anak stres.

Di usia 5-6 tahun tersebut anda bisa memulainya kembali secara bertahap karena usia tersebut sudah cukup untuk membantunya belajar. Berikan metode pembelajaran yang sederhana dan menyenangkan sehingga memudahkan anak untuk menyerap ilmu yang diberikan.

  1. Sisihkan Waktu 30 Menit Untuk Mendampingi Proses Belajar 

Ketika kemampuan motorik serta kemampuan sendiri telah matang dan sang anak telah siap untuk mengenal calistung, sisipkan waktu selama 30 menit setiap harinya untuk mengajarkan kembali metode belajar calistung secara bertahap. Berikan jeda 5-10 menit ketika proses pembelajaran dimulai untuk anak istirahat supaya tidak jenuh dan bosan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *