kesalahan yang sering dilakukan orangtua dalam mendidik anak
Parenting

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orangtua Dalam Mendidik Anak

kesalahan yang sering dilakukan orangtua dalam mendidik anakPendidikan utama bagi seorang anak berasal dari orang tua. Hal ini sudah pasti orang tua memberikan pengaruh besar bagi tumbuh kembang sang anak. Tentunya setia orang tua berupaya pula untuk memberikan yang terbaik. Selain itu, mungkin akan melakukan berbagai macam cara supaya anak bisa memiliki pribadi yang baik sesuai dengan harapannya. Hal ini selain termasuk kewajiban, juga dapat menjadi investasi masa depan bagi orang tua.

Akan tetapi, biasanya yang dilakukan oleh orang tua tersebut justru berdampak kurang baik bagi tumbuh kembang sang anak. Kesalahan inilah yang tidak pernah disadari sebelumnya oleh orang tua. Sedangkan sang anak tidak bisa mengungkapkan pula. Dari sinilah maka sangat perlu untuk diketahui, berikut ini hal sepele yang membuat anak tidak percaya diri :

  1. Menganggap Berbohong Kecil Hal Yang Wajar

Secara tidak sadar banyak orang tua yang berbohong kepada anak, walaupun dalam hal ini termasuk untuk kebaikan sang anak. Akan tetapi yang perlu di ingat yakni bahwa apapun yang dilakukan oleh orang tua akan di tiru anak, tanpa tahu benar atau salahnya. Biasanya, pada saat orang tua sedang bekerja maka orang tua akan cenderung membohongi anak supaya tidak mengganggunya. Padahal ini bukan sebuah pembelajaran yang baik. Sebaiknya untuk memberikan pengertian supaya anak bisa mengerti.

  1. Memberikan Ancaman Sederhana

Memang ancaman ini tujuannya untuk mendidik anak supaya lebih disiplin sesuai harapan. Namun, tanpa disadari ini akan membuat anak kehilangan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, ancaman yang diberikan orang tua memberikan kesan yang seolah menekan sesuatu yang memberatkan anak dan tidak sesuai dengan kenyamanannya.

  1. Kurang Percaya Terhadap Kemampuan Anak

Biasanya banyak orang tua yang beranggapan bahwa anaknya masih kecil dan belum bisa melakukan sesuatu tersebut, misalnya. Nah, hal ini justru bisa membuat hubungan orang tua dan anak semakin regang. Seharusnya orang tua bisa lebih memberikan amanah atau kepercayaan kepada anak untuk bisa melakukan sesuatu yang sekiranya itu baik untuknya dan tidak berbahaya. Hal ini bukan masalah, justru malah membuat anak semakin memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

  1. Terlalu Memanjakan Anak

Ketika anda ingin menunjukkan rasa sayang kepada anak bukan berarti harus selalu memanjakannya. Namun, bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pengertian yang baik ketika dia salah. Bahkan, apabila terlalu di manja malah semakin membuatnya mengandalkan orang tua ketika menghadapi permasalahan.

  1. Perbedaan Pendapat Ayah Dan Ibu Di Depan Anak

Apabila orang tua kelihatan beda pendapat di depan anak, maka ini akan membuat anak bingung. Sudah pasti ini akan dirasakan anak, karena anak belum mengerti mana yang baik dan yang buruk. Untuk menghindari ini sebaiknya ketika anda berbeda pendapat hindari sampai anak mengetahui itu. Hal ini akan berdampak kurang baik bagi tumbuh kembang sang anak, baik dirumah maupun dilingkungan sekolahnya.

  1. Menggunakan Jasa Pembantu

Memang terkadang kesibukan yang membuat para orang tua mencari pembantu untuk mengasuh anak atau baby sister. Hal ini sebaiknya anda hindari selagi masih bisa mengasuhnya sendiri. Alasannya banyak, salah satunya membuat anak kurang akrab dengan orang tua dan lama kelamaan anak bisa jauh dengan orang tua.

Padahal, menurut beberapa kasus yang sudah terjadi tujuan utama orang tua untuk memberikan materi atau bekerja untuk anak, justru malah dibenci anak. Hal ini sangat miris dan tanpa sadar sudah semakin meluas di berbagai kalangan terutama bagi yang orang tuanya sibuk dengan karirnya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *