kewajiban orangtua kepada anak
Parenting Parenting Islam

Kewajiban Orangtua Kepada Anak

kewajiban orangtua kepada anakTidak hanya anak yang memiliki kewajiban kepada orangtua, tetapi juga orangtua punya kewajiban kepada anak. Anak adalah titipan Tuhan kepada orangtua untuk dirawat. Oleh karena itu, orangtua harusnya merawat dan mengasuh anak dengan baik dan benar yang nantinya akan tumbuh dengan sifat-sifat yang baik. Anak juga merupakan manusia yang mempunyai perasaan. Jangan anggap jika kita punya anak, maka anak itu bebas diperlakukan, bukan begitu. Anak juga membutuhkan kasih sayang dari orangtuanya. Orangtua juga punya kewajiban terhadap anak. Lalu apa saja kewajiban orangtua kepada anak?

  1. Menjadi Orangtua Yang Baik

Menjadi orangtua yang baik adalah sebuah kewajiban. Orangtua harus bersikap baik, merawat anak dengan baik, membesarkan anak, dan mengedukasinya dengan mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik. Dalam membesarkan anak harus ikhlas. Dengan tidak memarahi anak, tidak memukuli anak dan tidak menyiakan-nyiakan anak merupakan salah satu cara agar menjadi orangtua yang baik buat anak

  1. Berikanlah Anak Nama Yang Baik

Banyak yang berkata kalau “Nama Adalah Doa”. Memberikan nama yang baik berarti berdoa yang baik buat anak kita, sebaliknya jika kita memberi nama yang buruk untuk anak sama saja berbuat durhaka kepada anak. Misalnya anda memberi nama dengan sebutan yang baik dan arti yang baik seperti yang terkandung dalam alqur’an dan jangan memberi nama anak dengan nama setan, neraka atau nama buruk lainnya

  1. Memberikan ASI Kepada Anak

ASI atau Air Susu Ibu adalah sebaik-baiknya sumber makanan untuk anak, terutama usia dibawah 2 tahun. Dengan memberikan ASI, maka bukan hanya gizi saja yang didapat, tetapi juga hubungan baik antara anak dan ibu.

  1. Mengajarkan Ilmu Agama

Soal agama dalam keluarga merupakan salah satu hal yang penting ditanamkan kepada anak sejak dini. Peran orangtua sangat penting dalam urusan mengajarkan agama secara tepat. Jikalau orangtua pengetahuannya kurang, langkah yang edukatif lainnya yaitu seperti mengajarkan hal-hal yang sederhana. Dengan mengajarkan sholat 5 waktu, berdoa, bersedekah dan lain-lain.

  1. Memberikan Nafkah

Sebuah kewajiban orangtua untuk memberikan nafkah kepada anak. Dari nafkah inilah yang akan digunakan untuk keperluan anak dalam masa pertumbuhannya. Layaknya makan, minum, pakaian, dan berbagai macam keperluan lainnya. Tidak ketinggalan nafkah untuk pendidikan. Memberi nafkah merupakan kewajiban orangtua kepada anak.

  1. Memberikan Kasih Sayang Kepada Anak

Orangtua berkewajiban membesarkan anaknya dengan mengutamakan rasa sayang kepada anak, bukan membesarkannya dengan kekerasan. Anak yang dibesarkan dengan kasih sayang akan berbalik sayang kepada orangtua, tetapi sebaliknya jika kita terus keras terhadap anak, maka anak juga akan bersikap keras kepada orangtua. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk merawat anak dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang.

  1. Memberikan Makanan Yang Baik Dan Halal

Makanan yang baik dan halal inilah yang harus kalian berikan kepada anak, terutama dalam masa pertumbuhan. Makanan yang baik akan memberikan gizi yang baik juga buat anak agar pertumbuhannya lancar dan baik. Bukan hanya memberikan makanan yang baik, kewajiban orangtua kepada anak juga harus memberikan makanan yang halal. Berasal dari usaha yang halal dan sumber nafkah yang halal.

  1. Bersikap Adil Kepada Anak

Bagaimanapun anak yang kita miliki memiliki hak yang sama dengan yang lain. Orangtua tidak boleh membeda-bedakan satu dengan yang lainnya, entah itu untuk anak bungsu, anak tengah, maupun anak sulung. Semuanya memiliki hak untuk mendapat kasih sayang yang sama. Kewajiban orangtua kepada anak adalah melindunginya dan bersikap adil kepada semua anak.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *