manfaat membaca buku untuk anak
Home Library Parenting

Manfaat Membaca Buku Untuk Anak

manfaat membaca buku untuk anak
Gambar : freedesignfile.com

Banyak orang besar yang memiliki hobi membaca. Misalnya BJ Habibie yang memiliki perpustakaan pribadi dengan koleksi ribuan buku. Membaca memang memiliki banyak manfaat, sebagaimana yang telah dirasakan oleh orang-orang hebat diatas.

Bagi anak pun buku memiliki manfaat segudang. Tak hanya menambah wawasan anak, namun ada banyak manfaat lain yang dirasakan jika anak Ayah Bunda gemar membaca buku. Berikut beberapa diantaranya.

Melatih Motorik

Pada bayi dan balita, mereka harus banyak bergerak supaya perkembangannya tubuhnya dapat berjalan dengan baik. Memegang buku, meraba dan membalik-balik halamannya akan melatih motorik kasar anak.

Kosa Kata

Saat lahir anak tak mengenal satu katapun. Seiring berjalannya waktu anak belajar banyak kosa kata dari lingkungan sekitar. Bahasa harian di rumah tak memiliki banyak kosa kata, sehingga ketika dibacakan buku, kosa kata anak akan semakin bertambah.

Konsep Baru

Banyak buku edukatif untuk anak yang beredar di pasaran. Beberapa buku mengenalkan konsep jumlah, bentuk dan warna. Ada juga yang mengenalkan pada konsep yang lebih komplek seperti konsep waktu/jam, persepsi dan sejarah seperti dalam buku Cakrawala Pengetahuan Dasar.

Berpikir Logis

Dari kisah yang disimak anak melalui buku, anak dapat mengambil kesimpulan dan mengajak berpikir logis, misalnya mengenai sebab dan akibat.

Melatih Fokus

Banyak anak yang mudah teralih perhatiannya. Dengan membaca buku, anak akan berlatih konsentrasi supaya dia dapat mengikuti jalan cerita atau mendapatkan wawasan dan ilmu baru dari buku.

Kreativitas
Aneka kisah seru dan luas biasa yang ditemui anak, akan mengembangkan imajinasinya. Jangan heran jika dikemudian hari dia akan menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Kemampuan Komunikasi

Ada anak yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, terutama komunikasi verbal. Dari buku mereka akan memiliki contoh dan gambaran lebih banyak mengenai bagaimana cara berkomunikasi dengan teman dan orangtua.

Membentuk karakter
Banyak buku cerita anak yang didalamnya disisipkan nilai-nilai dan karakter untuk membentuk pola perilaku dan nilai sosial dalam diri anak. Untuk itu, jangan ragu untuk mengeluarkan uang demi investasi karakter buah hati Ayah Bunda.

Prestasi

Anak yang gemar membaca rata-rata memiliki prestasi yang lebih baik dibanding anak yang jarang membaca. Karena dalam buku-buku yang dibaca, anak akan mempelajari banyak hal dan dengan cara yang berbeda dengan yang mereka dapatkan di sekolah.

Minat Baca

Untuk bisa gemar membaca, tentu harus ditumbuhkan minat bacanya dulu. Dengan membiasakan anak membaca buku, sedikit demi sedikit akan menumbuhkan minat baca dalam diri anak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *