pendidikan seks untuk anak
Parenting

Pendidikan Seks Untuk Anak

pendidikan seks untuk anakBerbicara soal seks nampaknya ini pembicaraan yang cukup tabu untuk dibahas secara publik. Namun belakangan tindak kekerasan seksual marak terjadi dimana-mana. Baik itu di kota bahkan di desa pun ada. Yang menjadi titik korban adalah wanita dan anak-anak. Hal ini menjadi perhatian khusus yang wajib diatasi. Salah satu langkah terbaik adalah menanamkan pentingnya pendidikan seks untuk anak kita. Menanamkan tentang seks sejak dini akan membuat anak kita lebih mengerti apa itu dunia seks yang sebenarnya.

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak

Masalah terkait dengan hal pelecehan seksual, akhir-akhir ini kerap kali terdengar di telinga kita. Baik itu di TV, Radio bahkan media masa diramaikan dengan berita-berita semacam ini. Lantas, sebenarnya apa sih yang menyebabkan terjadinya hal-hal yang tak pernah diinginkan seperti ini. Salah satunya adalah kurangnya pendidikan tentang dunia seks yang diberikan bagi orang tua untuk para putra-putri mereka.

Hal ini karena kebanyakan orang tua menganggap hal ini tabu untuk dibahas kepada anak-anak. Padahal tidak sama sekali, anak sedini mungkin harus mendapatkan pendidikan tersebut. Tujuannya apa? Tujuannya adalah agar hal-hal semacam ini tidak terulang kembali. Berikut pentingnya pendidikan seks untuk anak diusianya yang telah cukup, untuk menerima pengetahuan tersebut :

  1. Mengajarkan Anak Untuk Pandai Menjaga Diri

Pentingnya pendidikan seks anak yang pertama bermanfaat untuk mengajarkan anak untuk pandai menjaga diri. Anak sedini mungkin harus diajarkan untuk pandai menjaga dirinya dari orang-orang yang tak ia kenal. Karena dikhawatirkan hal terkait masalah seksualitas akan terjadi.

Anak juga diajarkan untuk cara berpakaian yang baik agar tak mengundang syahwat para oknum tak bertanggung jawab. Sebenarnya jika hal ini dapat diajarkan oleh orang tua sedini mungkin, bukan tak mungkin masalah pelecehan seksual di Indonesia akan lebih mudah teratasi dan berkurang jumlah korban yang mengalami hal semacam itu.

  1. Memberikan Gambaran Tentang Bahaya Seks Bebas

Yang kedua, pentingnya pendidikan seks untuk anak adalah untuk memberikan gambaran tentang seks. Terutama yakni seks bebas. Anda sebagai orang tua dapat memaparkan secara jelas apa itu seks, seks bebas, bagaimana bahayanya jika tak dilakukan orang yang bukan pasangannya dan penjelasan lainnya terkait hal tersebut.

Sehingga dengan demikian anak anda akan mendapat sedikit gambaran tentang apa itu seks yang sebenarnya. Dan apa bahayanya jika dilakukan tanpa ikatan suami istri. Dengan demikian anak akan coba menjaga harga diri mereka untuk tak mudah diberikan kepada sembarang lelaki.

  1. Mengajarkan Anak Untuk Tahu Batasan Pergaulan

Yang ketiga manfaat mengajarkan pendidikan seks untuk para anak adalah mengajarkan mereka untuk tahu batasan pergaulan. Jadi, mereka harus memiliki pagar dan membentengi diri dari pergaulan yang terlalu bebas. Karena pergaulan yang terlalu bebas apalagi tanpa adanya pengawasan dari para orang tua, bukan tidak mungkin hal-hal yang tak kita inginkan akan terjadi. Untuk itu penting sekali mengajarkan pendidikan seks sejak dini kepada anak-anak anda.

  1. Agar Lebih Dekat Dengan Anak

Selanjutnya yakni yang keempat, manfaat kita memberikan pendidikan seks bagi anak adalah agar kita sebagai orangtua lebih dekat dengan anak. Dengan rajin memberikan hal atau informasi terkait pendidikan seks untuk anak. Selain memberikan pengajaran, hubungan anda pun akan semakin membaik dan akrab dengan anak.

  1. Untuk Menjawab Rasa Penasaran Anak

Dan yang terakhir pentingnya pendidikan seks bagi anak adalah untuk menjawab rasa penasaran anak terhadap dunia seks. Usia anak yang sudah mengarah ke usia remaja cenderung akan penasaran akan hal-hal semacam ini. Maka peranan orang tua dalam hal ini sangat diperlukan. Agar anak kita tidak mencari pengetahuannya sendiri dengan cara yang salah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *