sekolah atau homeschooling
Homeschooling

Sekolah atau Homeschooling?

sekolah atau homeschoolingMempunyai anak memang sungguh menggembirakan, tetapi menjadi orang tua tidaklah menyebalkan atau menyenangkan seperti yang dibayangkan. Suka duka menjadi orang tua banyak dirasakan ketika mereka mempunyai anak. Suka ketika mereka berhasil mendidik menjadi anak yang sukses. Duka ketika mereka gagal dalam mendidik anak. Maka dari itu pendidikan menjadi faktor utama keberhasilan seorang anak. Dalam menentukan pendidikan bagi sang anak, orang tua harus cerdas dalam mengambil keputusan. Agar anak tidak salah langkah demi masa depannya kelak.

Berbagai jenis pendidikan membuat orang tua kebingungan dalam menentukan pendidikan untuk anaknya. Ada sekolah formal yang dilakukan di sekolahan pada umumnya. Ada sekolah non formal yang dilakukan di rumah yang disebut homeschooling. Lalu pendidikan seperti apa yang cocok buat sang anak? Untuk bisa menentukan jenis pendidikan untuk sang anak perhatikan informasi berikut ini :

Persamaan Sekolah Dan Homeschooling

Sekolah formal ataupun homeschooling keduanya merupakan lembaga legal pemerintah yang sama sama model pendidikan dengan tujuan utamanya untuk mendidik sang anak. Bentuk pendidikan bagaimanapun semuanya sama. Tujuannya tentu saja untuk mendidik anak dengan berbagai ilmu agar anak menjadi anak yang cerdas dan diharapkan bisa mewujudkan cita citanya jika sudah dewasa kelak.

Perbedaan  Sekolah Dan Homeschooling

Dengan tujuan untuk kebaikan perkembangan sang anak, kedua jenis pendidikan ini mempunyai perbedaan antara keduanya. Perbedaan yang paling menonjol yaitu :

  1. Tempat Belajar

Dari segi tempat, proses belajar antara keduanya jelas berbeda. Jika proses belajar sekolah formal dilaksanakan dalam sebuah gedung bernama sekolahan. Untuk homeschooling dilaksanakan di rumah atau tempat yang sudah disepakati antara orang tua dengan anak.

  1. Aturan Yang Dipakai

Dalam sekolah formal, siswa diwajibkan untuk mengikuti peraturan yang berlaku sehingga jika mereka melanggar aturan sekolah akan mendapat sanksi atau hukuman. Berbeda dengan homeschooling yang aturan lebih fleksibel dan sederhana. Mata pelajarannya pun disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak.

  1. Jadwal Belajar

Ketika di sekolah jadwal belajar siswa sudah ditentukan dan mutlak harus diikuti oleh semua siswa. Tetapi dalam homeschooling jadwal belajar bebas, tergantung dengan kondisi dan kebutuhan sang anak.

  1. Kurikulum Yang Dipakai

Kurikulum homeschooling sangat berbeda dengan sekolah formal. Jika kurikulum yang dipakai pada sekolah formal sudah ditetapkan oleh pemerintah, dalam homeschooling bisa menggunakan kurikulum mana saja sesuai kebutuhan anak. Orang tua bisa menggunakan kurikulum luar negeri atau dalam negeri, atau bisa juga mengikuti komunitas belajar online sesama siswa homeschooling.

  1. Jenjang Pendidikan

Dalam sekolah formal jalur pendidikan mempunyai jenjang yang jelas, mulai dari sekolah dasar, menengah, menengah atas, sampai sekolah tinggi. Sedangkan homeschooling merupakan metode belajar alternatif yang dilakukan di rumah dengan pengawasan orang tua.

  1. Biaya Yang Dikeluarkan

Jika dalam sekolah formal biaya yang ditetapkan bersifat tetap dan cenderung mahal untuk sekolah yang berkualitas tinggi. Berbeda dengan biaya yang dikeluarkan untuk homeschooling yang penerapan biaya tergantung jenis kreativitas belajar yang disepakati oleh orang tua dengan lembaga penyelenggara homeschooling.

Dengan persamaan dan perbedaan yang ada, bagaimanapun jenis pendidikannya semua tergantung dari keputusan yang diambil orang tua untuk kebaikan anaknya. Mau anaknya sekolah di pendidikan formal atau homeschooling, orang tua tetap harus mengawasi perkembangan anaknya. Jangan sampai anak yang berminat untuk sekolah di lembaga formal malah disuruh untuk belajar secara homescooling, atau sebaliknya. Orang tua harus mengetahui bagaimana kebutuhan sang anak agar bisa mengambil langkah yang tepat untuk anak demi masa depannya yang cerah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *