tips agar anak percaya diri
Parenting Serba Serbi Sekolah

Tips Agar Anak Percaya Diri

tips agar anak percaya diriPendidikan yang diajarkan orang tua merupakan hal utama dan yang paling penting, karena orang tua adalah guru pertama yang mengajarkan ilmu kepada anak. Sebelum anak mendapatkan pendidikan dan pergaulan diluar, peran orang tua sangatlah penting bagi perkembangan anak. Salah satunya adalah mengajarkan anak agar memiliki sikap percaya diri. Menumbuhkan sikap percaya diri sangatlah dibutuhkan agar dunia sosial yang dijalani sang anak bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada masalah. Berikut adalah tips agar anak percaya diri :

  1. Berikan Contoh Yang Baik Pada Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak cenderung akan meniru setiap perilaku orang didekatnya, khususnya orang tua. Dalam masa pertumbuhan anak belum bisa membedakan perilaku mana yang baik dan buruk, anak cenderung mengikuti semua yang diperlakukan orang tua. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan agar anak percaya diri adalah memberikan contoh yang positif bagi anak. Orang tua harus menjadi panutan dan cerminan yang baik untuk anak, dengan begitu anak akan meniru perilaku baik tersebut dan anak akan lebih percaya diri.

Contoh positif yang orang tua harus berikan yaitu dengan mengajarkan anak untuk memberi, entah itu memberi kepada teman atau bisa memberikan makanan ke hewan peliharaan, dengan begitu kedepannya anak akan lebih percaya diri

  1. Biarkan Anak Mencoba Hal Baru

Salah satu cara agar anak percaya diri adalah membiarkan anak belajar dan mencoba hal baru. Sejak anak dalam masa bermain, anda tidak perlu takut jika anak bermain dengan mainan baru yang terkesan berbahaya. Biarkan mereka bermain dengan melakukan apa yang anak inginkan tetapi harus tetap dalam pengawasan anda ya. Biarkan lah mereka mengeksplore apa yang mereka inginkan dan jangan melarang anak secara keras, karena akan membuat anak menjadi penakut.

  1. Percayalah Dengan Apa Yang Anak Inginkan Dan Dukunglah

Berilah anak kepercayaan dan latihlah mereka untuk menyelesaikan tanggung jawabnya. Yang dimaksud kepercayaan disini adalah orang tua tidak perlu khawatir saat anak mulai melakukan berbagai hal secara sendiri. Misalnya anak ingin makan dan ingin mengambil nasi dan lauk sendiri, maka hal yang harus orang tua lakukan adalah melatih bagaimana cara yang benar dan percaya pada anak.

Jika anak membuat kesalahan misalnya menumpahkan lauk, latih mereka untuk bertanggung jawab dan biarkan anak merespon hal tersebut, misalnya mengambil kain lap untuk membersihkan lantai yang kotor. Sampai ini artinya anak sudah mulai berkembang pola pikirnya dan kedepannya anak menjadi tidak manja juga memiliki sikap percaya diri.

  1. Latih Anak Agar Berpikir Kritis

Dengan melatih anak untuk berpikir kritis tujuannya adalah agar anak dapat membedakan mana hal yang baik yang harus dilakukan dan mana hal buruk yang harus ditinggalkan. Semakin berkembangnya pemikiran sang anak maka akan mampu mempertimbangkan hal tersebut dengan baik. Percayalah pada anak dan tidak perlu khawatir yang tinggi pada anak.

  1. Jangan Beri Bantuan Yang Lebih Kepada Anak

Sebagai orang tua tentunya anda harus melatih anak untukĀ  bisa melakukan dan mendapatkan hal dengan mandiri, jangan terlalu memberikan bantuan pada anak. Contohnya saat anak sedang bermain menyusun balok atau semacamnya. Biarkanlah anak mengeksplorasi dan melakukan dengan cara anak sendiri, jangan sering membantu anak dalam menyelesaikan masalah ketika tidak sangat membutuhkan. Biarlah anak berpikir lebih luas.

Pendidikan sejak dini sangat di perlukan agar masa depan anak menjadi lebih baik. Berikanlah contoh rasa percaya diri dan berani di depan anak. Biarkan mereka menjelajah hal baru yang mereka inginkan. Satu hal yang penting, orang tua harus mengawasi dan mendampingi perkembangan anak

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *