Tips Anak Belajar Membaca Sejak Dini
Preschool

Tips Anak Belajar Membaca Sejak Dini

Tips Anak Belajar Membaca Sejak DiniMungkin Ayah Bunda pernah melihat anak yang sudah bisa membaca di usia 5-6 tahun, sementara sebagian anak lagi di usia 7 tahun belum lancar membaca. Kenapa bisa kemampuan anak berbeda seperti itu? Padahal potensi kecerdasan setiap anak sebenarnya sama. Stimulasi yang diberikan kepada anak oleh lingkungan sekitarnya memiliki pengaruh yang luar biasa untuk perkembangan anak. Salah satunya dalam hal keterampilan membaca.

Sebelum diajari membaca, biasanya anak diajari pengenalan huruf terlebih dahulu. Yang tidak banyak disadari, aktivitas prabaca yang dilakukan sebelumnya amat mempengaruhi cepat lambatnya anak dalam mengenal huruf. Misalnya pengenalan bentuk-bentuk geometri seperti segitiga, persegi empat, lingkaran dan bentuk lainnya.

Ketika anak sudah memahami bentuk-bentuk dasar tersebut, akan lebih mudah baginya menghafal huruf-huruf karena dalam huruf tersebut sering terdapat bentuk yang mirip dengan bentuk geometri. Selain itu orangtua juga dapat memberikan stimulasi kepada anak melalui permainan huruf dan angka.

Misalnya dengan membuat kartu (flashcard) huruf dan digunakan dalam beberapa permainan dari tingkat ringan seperti mencari huruf yang sama dalam tumpukan kartu, sampai tingkat yang lebih berat seperti menyusun kata dari beberapa huruf. Dalam beberapa penelitian, penggunaan flashcard ini, tak hanya dalam mengenalkan huruf, tapi juga mengenalkan berbagai benda, cukup efektif untuk pembelajaran anak. Termasuk dalam pengenalan kosa kata benda-benda disekitarnya. Semakin banyak kosa kata yang anak ketahui, semakin cepat dia belajar membaca.

Tips Anak Belajar Membaca Sejak Dini

Selain pengenalan huruf dan kosa kata, menyediakan buku di dekat anak juga cukup efektif membantu anak belajar membaca. Dari buku mereka mudah mengerti bahwa huruf-huruf dan tulisan mewakili sebuah kata atau makna. Sediakan beberapa pilihan buku dengan gambar menarik dan berwarna, agar anak bersemangat membaca buku.

Ayah dan Bunda juga dapat membantu anak dengan cara membacakan atau menceritakan ulang isi buku kepada anak. Tak perlu memasang target halaman dan durasi membaca. Cukup dibiasakan setiap hari. Dari sini mereka akan mulai menyukai buku dan kesukaan pada cerita atau pengetahuan dari buku, akan lebih memotivasi anak untuk bisa cepat membaca.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *