tips memilih buku untuk anak
Home Library

Tips Memilih Buku Untuk Anak

tips memilih buku untuk anak
Gambar : tidy-books.co.uk

Ada banyak sekali buku anak baru yang bermunculan di toko buku. Apakah setiap buku anak cocok untuk anak Ayah Bunda? Belum tentu. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih buku untuk anak tersayang. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi panduan Ayah bunda dalam memilih buku anak :

Kebutuhan Anak

Coba dipastikan apakah anak saat ini sedang membutuhkan buku khusus? Misal untuk anak yang sedang kesulitan mempelajari sains, Ayah Bunda bisa membelikan buku dengan tema sains untuk dipelajari dan dipraktekkan dirumah. Anak yang sedang menyukai dunia serangga bisa dibelikan buku ensiklopedia serangga.

Format Buku

Usia berapa anak Ayah Bunda saat ini? Anak usia pra sekolah membutuhkan buku dengan banyak gambar sederhana berwarna-warni dan tulisan yang sangat sedikit. Sementara usia SD sudah mulai bisa membaca buku dengan kalimat narasi yang cukup panjang.

Buku dengan format gambar tiga dimensi dengan cut out yang cukup rumit sebaiknya tidak diberikan kepada anak usia dua tahun karena diusia tersebut tangan anak cukup agresif untuk menyobek-nyobek kertas.

Material

Kebanyakan buku anak dicetak dalam kertas HVS dan jilid softcover. Material ini cukup hemat sehingga harga buku pun menjadi terjangkau. Sebagian buku menggunakan kertas artpaper cukup tebal misal ukuran 150 gram dan menggunakan hardcover. Buku terakhir ini harganya lebih mahal namun biasanya tidak cepat rusak dan saat dipajang di rak buku, akan lebih mudah bagi anak untuk menemukannya.

Ada juga buku jenis boardbook untuk balita yang halaman dalamnya menggunakan kertas karton sehingga cukup tebal, tidak bisa ditekuk dan tidak mudah sobek. Buku jenis ini biasanya juga dilaminasi dengan plastik sehingga tidak mudah terkena coretan pensil, bolpoin atau spidol. Untuk bayi, ada softbook yang berbahan kain warna-warni.

Konten Buku

Sebelum membeli buku, sebaiknya Ayah Bunda sudah tahu seperti apa isi halaman dalam buku tersebut. Ada satu dua buku anak dengan ilustrasi namun menyisipkan gambar vulgar yang seharusnya tidak lolos sensor. Sebagian komik terjemahan juga sebenarnya diperuntukkan untuk orang dewasa. Gambar-gambarnya terkadang tidak sesuai untuk anak.

Untuk anak balita, sebaiknya dibelikan buku yang mengandung konten edukasi seperti disisipkan mempelajari angka, mengenal buah dan profesi. Untuk anak usia TK mungkin membutuhkan buku yang bisa mendukungnya untuk belajar mengenal huruf dan angka.

Rekomendasi Teman

Untuk menemukan buku yang bagus, Ayah Bunda dapat meminta rekomendasi dari teman atau saudara yang punya koleksi buku dirumahnya. Ayah Bunda juga dapat meminta rekomendasi dari book advisor atau educational product consultant mengenai buku mana saja yang tepat untuk anak Ayah Bunda.

Budget

Lihat ada berapa anggaran yang tersedia dan bandingkan dengan buku yang diinginkan. Jika harga buku impian cukup mahal, Ayah Bunda dapat menabung dulu atau mengikuti arisan buku yang banyak ditawarkan penjual buku.

Demikian Ayah Bunda. Buku adalah jendela ilmu. Dengan menginvestasikan uang menjadi buku, insyaAllah akan membawa banyak manfaat untuk masa depan anak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *