tips memilih sekolah untuk anak
Preschool Serba Serbi Sekolah

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

tips memilih sekolah untuk anakSetiap orang tua pasti menginginkan pendidikan pendidikan yang paling baik buat anak-anaknya. Hal itu karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang buat kesuksesan anak di masa datang. Maka dari itu orang tua pasti akan memilihkan sekolah yang terbaik buat anak mereka. Sekolah dengan biaya yang mahal belum tentu menjamin kualitasnya. Pada saat ini memilih sekolah tidak hanya soal fasilitasnya saja yang jadi prioritas utama. Sebab sekolah yang tepat akan berdampak terhadap tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Beberapa tips memilih sekolah untuk anak yang cocok dan berkualitas adalah:

  1. Pertimbangkan Jarak Sekolah

Bagi anak-anak usia TK dan SD masalah jarak sekolah seharusnya menjadi hal yang harus diperhitungkan. Jarak sekolah yang tidak terlalu jauh dengan rumah jauh lebih sesuai buat anak usia TK dan SD. Hal itu karena jarak yang jauh pasti akan berpengaruh sekali terhadap kondisi si anak. Anak akan mudah lelah karena terlalu capek di jalan sehingga semangat belajar menurun. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kesempatan bermain anak dikarenakan waktu yang dimiliki sangat terbatas. Di samping itu biaya antar juga akan bertambah jika jarak sekolah terlalu jauh.

  1. Jenis Sekolah Idaman

Dalam memilih kan sekolah buat anak-anak hendaknya sebagai orang tua harus selektif. Karena saat ini ada beberapa jenis sekolah yang ditawarkan oleh beberapa institusi pendidikan. Ada yang berbasis agama, sekolah swasta, sekolah negeri, sekolah internasional, homeschooling, sekolah alam, atau sekolah nasional plus. Hendaknya pahami dulu tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sekolah dan sesuaikan sama kebutuhan anak.

  1. Kondisi Dan Lingkungan Sekolah

Penilaian tentang kondisi dan lingkungan sekolah bisa dilihat dari open housenya. Open house ini biasanya diselenggarakan oleh setiap sekolah untuk menarik minat para orang tua dan anak. Yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah masalah sarana dan prasarana sekolah, kegiatan belajar mengajar, dan interaksi terhadap pengajar. Fasilitas yang dimaksud tidak hanya sekedar laboratarium penunjang kegiatan belajar mengajar saja. Tapi juga masalah kebersihan toilet, kondisi bangunan, kondisi kelas juga kantin sekolah. Semua ini harus dipertimbangkan agar anak senang dan merasa betah di sekolah.

  1. Perbandingan Antara Jumlah Guru Dan Siswa

Jika ingin memasukkan anak ke sekolah orang tua hendaknya memperhatikan hal yang satu ini juga. Karena mutu pendidikan anak di sekolah sedikit banyak juga ditentukan oleh sekolah yang membatasi jumlah siswanya di kelas. Karena jika jumlah siswanya terlalu banyak sedangkan gurunya hanya satu bisa berakibat siswa kurang konsentrasi. Sehingga mengakibatkan proses belajar jadi terganggu.

  1. Bahasa Pengantar

Dengan adanya berbagai tawaran program sekolah sebagai orang tua hendaknya selektif juga dalam segi bahasa. Orang tua harus mengenal karakter juga kemampuan anak dalam menyerap bahasa asing. Jika anak anda kurang peka, terus  memilih kan sekolah berbasis bahasa asing maka bisa menjadi “bumerang” nantinya. Sebagai orang tua hendaknya konsisten kalau ingin menggunakan bahasa asing sebaiknya membiasakan diri untuk selalu berkomunikasi dengan bahasa asing juga. Namun bagi anak-anak pra sekolah lebih baik menggunakan bahasa ibu saja sampai lancar dalam mengekspresikan diri. Baru setelah itu boleh distimulasi pakai bahasa asing.

  1. Kemampuan Financial

Sebagai orang tua pasti akan memilihkan sekolah yang paling baik buat anak-anaknya. Sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan juga sistem belajar mengajar terbaik. Namun semua itu harus disesuaikan dengan kemampuan financial kita masing-masing. Misalnya saja jika ingin menyekolahkan anak di sekolah internasional pastikan kita mampu membayar biaya sekolah anak sampai lulus. Jangan sampai di tengah jalan nanti menemui kesulitan biaya sehingga anak berhenti sekolah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *