tips mendidik anak dalam islam
Parenting Islam

Tips Mendidik Anak Dalam Islam

tips mendidik anak dalam islamBagi seorang muslim, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk mendidik anak sesuai dengan pedoman islam. Yaitu sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As sunnah. Hal itu disebabkan karena anak adalah amanah dan orang tua akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Jika Allah ridha terhadap anak anda, maka anda pun akan mendapatkan keberkahan atas kehadiran anak anda. Untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT atas anak anda, maka anda harus berusaha mendidik anak anda secara islami. Berikut ini adalah tips mendidik anak dalam islam yang bisa anda jadikan referensi.

  1. Mendidik Anak Tentang Iman

Iman adalah pondasi dan ruh bagi jiwa setiap manusia. Jika imannya rapuh maka seseorang akan mudah terbawa arus dan kemajuan jaman. Untuk itu, anda harus mendidik anak anda tentang tauhid terlebih dahulu sebelum mengenalkannya dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Seperti yang dilakukan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya di awal-awal dakwah islam. Jika iman sudah kokoh maka setiap dibacakan Al Qur’an dan As Sunnah akan semakin mempertebal keimanan dalam diri anak anda.

  1. Mendidik Anak Tentang Sholat

Setelah mengajarkan ketauhidan langkah selanjutnya adalah mengajarkan tentang sholat. Dengan mengajarkan tentang sholat sedari kecil, maka anak anda akan terbiasa melaksanakan sholat hingga dewasa nanti. Saat anak anda sudah bisa membedakan tentang arah, anda bisa mulai mengajarkan anak anda tentang arah kiblat. Kemudian, anda bisa mengajaknya sholat menghadap kiblat. Tahap selanjutnya adalah anda bisa mengajarkan tata cara mengambil wudhu. Untuk kewajiban, tata cara, dan hukuman ketika meninggalkan shalat bisa anda ajarkan saat anak anda memasuki usia 9 tahun. Hal itu disebabkan karena pada usia tersebut umumnya anak-anak sudah memahami tentang tata tertib dan hukuman ketika melanggarnya.

  1. Memperkenalkan Amalan-Amalan Lain

Selain sholat, saat anak anda sudah masuk ke Sekolah Dasar anda juga perlu mulai mengajarkan amalan wajib selain sholat. Misalnya saja adalah Puasa Ramadhan, membaca Al Qur’an, dan lain sebagainya. Jika anak anda belum mampu puasa sehari penuh anda bisa melatihnya berpuasa setengah hari. Dan jika mampu, anda bisa mengajarkan anak anda untuk mulai menghafal Al Qur’an dimulai dari surat-surat pendek.

  1. Mengajarkan Etika Dan Adab Sehari-hari

Selain ibadah wajib, anda juga perlu mengajarkan anak anda tentang etika dan adab islam dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berdo’a sebelum beraktivitas, mengucapkan salam, dan bertutur kata yang sopan terhadap orang yang lebih tua. Dengan begitu, anak anda akan terbiasa hidup dengan akhlak yang baik hingga dewasa.

  1. Membacakan Kisah-Kisah Suri Tauladan Para Nabi

Untuk menanamkan nilai kebaikan dalam diri anak, anda bisa membacakan kisah-kisah suri tauladan para nabi sebagai pengantar sebelum tidur. Dengan begitu, anak anda bisa menjadikan para nabi dan rasul sebagai role model mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya dari tingkah laku maupun karakter bahkan pola pikir yang islami juga bisa terbentuk lewat cara ini.

  1. Mencontohkan Untuk Bersedekah

Salah satu ciri dari akhlak islami adalah ikhlas berbagi dengan sesama khususnya orang-orang yang kurang mampu. Untuk itu, anda perlu mengajarkan anak anda untuk belajar berbagi sedari kecil lewat sedekah. Mulai dari hal-hal kecil seperti sedekah makanan, uang, baju maupun mainan bekas. Anda juga bisa menyediakan kotak sedekah di rumah dan mengajarkan anak anda untuk memasukkan koin sedekah ke dalam kotak tersebut.

  1. Mengajarkan Untuk Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu anda perlu mengajarkan kepada anak anda tentang kebersihan. Baik itu kebersihan jasmani maupun rohani. Anda bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi, mandi 3x sehari, dan membersihkan tempat tidur. Jika sudah dibiasakan sejak kecil maka anak anda akan terbiasa untuk melakukannya hingga dewasa.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *