tips menghafal al quran untuk anak
Parenting Islam

Tips Menghafal Al Qur’an Untuk Anak

tips menghafal al quran untuk anakSebagai seorang muslim, anda pasti meyakini bahwa Al Qur’an adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Bukti dari mukjizat itu adalah Al Qur’an bisa dihafalkan oleh siapa saja dan dimana saja. Tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Dan saat ini banyak dijumpai para penghafal Al Qur’an cilik atau yang disebut dengan hafidz cilik di tanah air. Dengan mengajarkan Al Qur’an sedari kecil, maka anak anda akan terbiasa bersahabat dengan Al Qur’an hingga akhir hayat nanti. Berikut ini adalah 5 tips menghafal Al Qur’an untuk anak yang bisa anda jadikan referensi.

  1. Orang Tua Menerapkan Etika Menghafal Al Qur’an

Sebelum memulai program menghafal Al Qur’an, orang tua sebaiknya perlu menerapkan terlebih dulu etika menghafal Al Qur’an. Tujuannya adalah agar Allah SWT memudahkan langkah anak anda dalam menghafal Al Qur’an. Dan juga menjauhkan anak anda dari segala goda’an setan yang terkutuk. Ada beberapa etika menghafal Al Qur’an harus diajarkan pada anak. Pertama, niat dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada Allah SWT. Kedua, selalu berdo’a kepada Allah SWT. Ketiga, menjaga kesucian sebelum membaca Al Qur’an dengan berwudhu. Dan yang terakhir adalah membaca ta’awud dan basmalah di setiap awal surat.

  1. Membaca Al Qur’an Dengan Tajwid Yang Benar

Syarat utama yang harus dipenuhi sebelum menghafal Qur’an adalah memahami tajwid atau cara membacar Al Qur’an yang benar. Untuk itu, anda harus mengajari anak anda ilmu tajwid terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar sedari dini anak anda tidak menghafal Al Qur’an dengan bacaan yang salah kaprah.  Dengan begitu, anda tidak akan kesulitan untuk membetulkan tajwid di saat anda anak sudah dewasa nanti. Atau dengan kata lain lebih baik dibenarkan sejak kecil daripada setelah dewasa agar tidak menjadi kebiasaan yang salah.

  1. Mencari Waktu Yang Tepat Untuk Menghafal

Anda harus menjadwalkan waktu khusus untuk menghafal Al Qur’an bagi anak anda. Usahakan waktu khusus tersebut adalah waktu yang istimewa. Jangan saat anak anda lelah, mengantuk maupun saat anak anda belajar untuk sekolah. Waktu yang direkomendasikan adalah sehabis magrib sebelum masuk isya atau setelah sholat subuh. Dimana di waktu tersebut adalah saat-saat dimana anak anda dalam waktu senggang dan pikiran dalam kondisi fresh.

  1. Menerapkan Teknik Menghafal Al Qur’an Yang Tepat

Anda harus menerapkan teknik menghafal yang tepat untuk anak anda. Yaitu dengan menentukan target hafalan sesuai dengan kemampuan maksimal anak anda. Misalnya, sehari satu ayat, sehari satu surat, atau sehari satu halaman. Namun, anda jangan hanya terpaku pada jumlah. Yang penting adalah istiqomah, sesuai target, dan menjaga hafalan agar tidak lupa. Caranya adalah dengan muroja’ah (mengulang hafalan) untuk menguatkan hafalan tersebut. Jika anak anda belum bisa membaca Al Qur’an, maka anda bisa mentalqinnya perlahan-lahan.

  1. Menghafal Al Qur’an Dengan Suara Lantang Dan Pelan

Tips agar bacaan Al Qur’an mudah melekat di ingatan adalah anak anak harus menghafalnya dengan suara yang lantang dan pelan. Dengan begitu, hafalan Al Qur’an tersebut akan lebih mudah membekas di otak anak anda. Hal itu disebabkan karena ketika membaca Al Qur’an dengan suara yang lantang maka yang bekerja tidak hanya otak saja namun juga telinga. Selain membantu daya ingat, menghafalkan dengan suara yang lantang juga akan mempermudah anda untuk mengoreksi benar atau tidaknya bacaan anak anda. Selain itu, membaca Al Qur’an dengan lantang juga akan mencegah anak anda dari kemalasan dan kebosanan dalam menghafal. Simak juga kemuliaan menghafal Al Qur’an dan info tools atau alat bantu menghafal Al Qur’an untuk anak.

 

You may also like...

3 Comments

  1. […] Bayi, balita dan anak-anak belum bisa membaca Al Qur’an, namun daya ingat mereka sangat kuat. Indera pendengarannya sangat tajam. Apa yang mereka dengar akan mudah mereka ingat. Begitu juga dengan menghafal Al Qur’an sangat mudah jika mereka sering diperdengarkan Al Qur’an. Simak juga tips menghafal Al Qur’an untuk anak. […]

  2. […] menggunakan boneka ini dengan fungsi utama untuk membantu menghafal Al Qur’an. Simak juga tips menghafal Al Qur’an. Selain itu aneka konten pendukungnya sangat membantu anak dalam menghafalkan doa, serta belajar […]

  3. […] kita sudah merasa semangat dan ingin rasanya ingin menjadi penghafal Al Qur’an. Simak juga tips menghafal Al Qur’an dan info alat bantu menghafal Al Qur’an untuk anak. Semoga kita menjadi ahli jannah dengan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *