tips menghafal al quran untuk anak
Parenting Islam

Tips Menghafal Al Qur’an Untuk Anak

tips menghafal al quran untuk anak
Gambar : islampos.com

Penghafal Al-qur’an adalah salah satu harapan bahkan cita-cita dan keinginan bagi setiap muslim. Baik muslim laki-laki dan muslim perempuan. Bagaimana dengan para bunda, yang menginginkan salah satu putra putrinya untuk dapat menjadi hafidz atau hafidzah. Tapi masih belum menemukan cara untuk dapat menunjang mereka dalam menghafalkan Al-qur’an.

Di sini akan mengulas beberapa tips agar buah hati dapat menghafal Al-qur’an dengan mudah dan cepat. Dan semoga ini dapat membantu para orangtua. Bagi ayah bunda atau guru ngaji yang menginginkan putra atau putrinya untuk dapat menghafal Al-qur,an mungkin dengan tips ini bisa membantu anak-anak untuk dapat menghafal Al-qur’an dengan cepat dan mudah. Berikut Tips yang bisa anda terapkan dan berikan kepada anak-anak anda :

  1. Ayah Bunda Menerapkan Etika Menghafal Al-Qur’an Pada Anak

Ini penting banget untuk orang tua yang menginginkan buah hatinya untuk dapat penghafal Al-qur’an. Ini adalah salah satu cara yang paling utama bagi orang tua. Yaitu dengan menerapkan etika dalam menghafal Al-qur’an. Salah satunya niat, tata krama dalam membaca Al-qur’an,  membaca ta’awud dan basmalah sebelum memulai membaca Al-qur’an. Ini gunanya agar ilmu yang di transfer oleh orang tua atau guru ngaji bisa lebih muda merasuk pada hati dan fikiran si buah hati.

  1. Memberikan Sugesti Pada Anak Bahwa Menghafal Al-qur’an Itu Mudah

Memberi sugesti pada anak itu sangat berpengaruh, karena suatu keyakinan dan dorongan motivasi untuk menghasilkan suatu harapan itu sangatlah berpengaruh. Jadi para orang tua atau guru itu lebih sering atau membiasakan untuk memberi motivasi yang lebih kepada anak-anaknya bahwa menghafal Al-qur’an itu mudah.

  1. Membaca Al-qur’an Dengan Hukum Tajwid Dengan Benar

Ini penting, terkadang para orangtua atau guru itu membiarkan putra putri nya dalam membaca atau belajar Al-qur’an sering di lupakan tentang hukum tajwidnya. Ternyata ini berpengaruh, jadi jika para bunda menginginkan putranya untuk dapat menghafal Al-qur’an dengan mudah. Di perhatikan tentang hukum tajwidnya. Jika dari kecil tidak di latih bacaan tajwidnya, maka jika sudah besar akan lebih susah dalam membenarkannya.

  1. Mencari Waktu Yang Tepat Untuk Menghafal

Waktu itu adalah hal yang sangat istimewa dan berpengaruh. Apalagi untuk menghafal. Berarti para orangtua harus lebih kreatif untuk mengajak anak dalam menghafal Al-qur’an. Jika mengajak anak dalam menghafal, jangan pada waktu anak sedang belajar, lelah, badmood, karena itu sangat berpengaruh dalam masuknya ayat yang di hafal ke otak si anak. Kalau boleh saya sarankan, sebaiknya anak di ajak untuk menghafal Al-qur’an pada waktu setelah maghrib sampai isya’ dan setelah sholat subuh.

  1. Anak Menghafal Al-qur’an Dengan Suara Lantang Dan Pelan

Ini juga berpengaruh bunda, karena jika si anak dalam menghafal Al-qur’an dengan suara yang lantang itu akan membantu mempercepat masuknya hafalan ke dalam otak. Bukan hanya itu, dengan menghafal suara yang lantang maka telinga juga akan ikut bereaksi. Maka sebaliknya, jika anak menghafal dengan suara yang lirih dan tidak keras, itu akan menimbulkan kesalahan, keraguan, dan ketidakpastian dalam diri seorang anak.

Itu adalah beberapa tips penerapan menghafal Al-qur’an untuk anak usia dini yang bisa diterapkan bagi orang tua dan para guru. Ternyata sangat mudah sekali bagi kalian orang tua dalam mengajarkan anak anda bisa cepat menghafal al qur’an dengan cepat dan mudah. Anda bisa mencoba tips ini segera.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *