tips untuk anak yang susah makan
Parenting

Tips Untuk Anak Yang Susah Makan

tips untuk anak yang susah makan
Gambar : 1diaalavez.com

Menghadapi anak yang susah makan memang membuat frustasi. Namun pada kenyataannya anak-anak memang susah makan. Tidak jarang terjadi pertengkaran antara orang tua dan anak ketika momen makan. Tidak sedikit juga anak yang menangis ketika disuruh untuk makan. Padahal dengan trik yang tepat bisa membuat anak tidak susah makan. Karena memang diperlukan trik khusus agar menarik hati anak-anak sehingga mereka mau makan tanpa dipaksa. Seperti apa saja triknya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Buat Makanan Yang Menarik

Hal pertama yang anda harus lakukan, adalah melakukan inovasi baru terhadap makanan-makanan sehat yang akan diberikan pada si kecil. Anak-anak suka pada makanan yang memiliki warna dan bentuk menarik dan unik. Oleh karena itu tarik perhatian mereka dengan menyajikan hidangan makanan yang menarik dan lucu.

Meskipun makanan yang disajikan sama dengan makanan pada umumnya, namun penampilan yang menarik akan menggugah nafsu makan anak. Anda bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Misalnya saja dengan membuat beraneka macam bentuk binatang dari sosis atau membuat nasi goreng dengan bentuk yang menarik.

  1. Sajikan Alat Makan Khusus Untuk Si Buah Hati

Untuk mengatasi anak yang susah makan tidak harus berpatokan pada jenis makanan yang disajikan. Anda juga bisa membuat suasana makan yang menyenangkan dengan memberikan alat makan khusus untuk si buah hati. Pilihlah alat-alat makan mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk dan gelas yang memiliki gambar favorit mereka atau memiliki warna cerah yang anak sukai. Hal ini bisa menarik anak-anak untuk mudah makan dan lebih bersemangat ketika menyambut momen makan.

  1. Jangan Paksa Anak Untuk Makan

Mengajak anak untuk makan memang bukan perkara yang mudah. Bahkan tidak sedikit orang tua yang merasa frustasi dan bingung untuk membuat anak makan. Beberapa orang bahkan memaksa anaknya untuk makan dan membuat anak menangis. Perlu orang tua ketahui bahwa cara memaksa anak untuk anak bukanlah cara yang tepat

Jangan jadikan momen makan sebagai momen untuk bertengkar dengan buah hati ya, karena anak akan semakin tidak mau jika terus dipaksakan. Sebaliknya, orang tua bisa mencari cara lain agar anak mau makan tanpa dipaksa. Pada intinya jangan paksa anak untuk makan ketika mereka tidak ingin makan.

  1. Ajak Nonton Video Menarik Atau Bercerita Ketika Makan

Anak-anak sangat tertarik dan suka dengan hal-hal yang baru, mereka biasanya senang melihat gambar-gambar atau video lucu. Anda bisa mengajak anak untuk melihat video kartun yang mereka sukai atau melihat buku cerita sambil makan. Hal ini tentunya sangat menyenangkan anak-anak sehingga mereka mau makan tanpa harus dipaksa. Selain nonton video atau bercerita, orang tua juga bisa mengajak anak untuk bermain permainan yang seru.

  1. Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Memberikan suplemen penambah nafsu makan bisa jadi cara yang jitu untuk membuat anak ingin makan. Anda bisa memilih jenis suplemen dalam bentuk sirup atau jelly yang disukai anak-anak. Pilihlah suplemen yang mengandung temulawak yang efektif menambah nafsu makan pada anak.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika buang hati tidak mau makan. Dalam menghadapi anak-anak memang dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan tidak boleh dipaksa. Cobalah untuk bertanya kepada anak apa makanan yang mereka ingin makan. Karena bisa jadi menu yang anda berikan tidak mereka sukai dan menjadi penyebab mereka susah makan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *